Sabtu, 20 Juli 2019
Follow:
Home

Paripurna Ke 3 tahun 2018, Pemko Pekanbaru Sampaikan Ranperda Penyelenggaran Perpustakaan







Senin, 02/07/2018 | 20:43
Paripurna Ke 3 tahun 2018, Pemko Pekanbaru Sampaikan Ranperda Penyelenggaran Perpustakaan

PEKANBARU - Berdasarkan visi dan misi Kota Pekanbaru lima tahun depan, Pemerintah Kota Pekanbaru baik eksekutif maupun Legeslatif telah sepakat mewujudkan Pekanbaru sebagai kota yang cerdas dan Madani.

Selaras dengan hal tersebut perlu ditumbuhkembangkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi berupa karya tulis, karya cetak dan karya rekam diseluruh Kota Pekanbaru.

Dari hasil survei pada tahun 2016 lalu, minat baca di kalangan siswa Se-Indonesia yang menjadikan Kota Pekanbaru bersama Kabupaten Kampar sebagai representasi Provinsi Riau. 

"Hasilnya dari survei itu, minat baca kita sangat rendah berada pada angka 24,9 skala lindkert," ungkap Plh Sekda, Azwan seluruh hadirin angggota dewan yang terhormat.

Tentu, rendahnya minat baca masyarakat Pekanbaru sudah sepatutnya menjadi perhatian bersama untuk menjadikan bangsa Indonesia yang cerdas.

"Upaya menumbuhkembnagkan dan mewujudkan gemar membaca di Kota Bertuah bukanlah hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Pasalnya budaya gemar membaca membutuhkan waktu dan komitmen dan kontribuai kita semua sebagai syarat untuk wujudkan masyarakat yang cerdas, " jelas Azwan lagi.

Untuj itu, Pemerintah sebagai salah satu elemen penting dalam peningkatan minat baca masyarakat menjadi penentu kebijakan utama dalam mengokohkan tanggung jawabnya terhadap undang undang dasar 1944, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan minat baca masyarakat dengan menjalankan kewajiban sebagaimana amanah undang undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

"Rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan Perpustakan ini telah disesuaikan dengan amanay dari UU 43 tahun 2007 dan peraturan pemerintah RI nomor 24 tahun 2014 yang menjelaskan peran perpustakaan sebagai wahana suber informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, rekreasi dan pelestarian budaya yang dimiliki daerah, " papar Azwan lagi.

Diakhir, Azwan menyampaikan bahwa Ranperda penyelenggaraan perpustakaan ini perlu segera disahkan guna mewujudkan Kota Pekanbaru yang cerdas dan Madani. (galeri)










     












Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com