Rabu, 27 Mei 2020
Follow:
Home
Kota Bagansiapiapi Dihiasi Ribuan Lampion
Minggu, 14/02/2015 - 20:55:35 WIB
 
 

BAGANSIAPIAPI - Menjelang perayaan Imlek 2566 yang jatuh pada Kamis (19/2) nanti, Kota Bagansiapiapi telah ramai dikunjungi kerabat masyarakat Tionghoa yang tinggal di Rohil. Sepanjang jalan pun sudah dihiasi lampion yang menambah suasana meriah dan indahnya kota ikan tersebut.

Lampu lampion yang berwarna merah itu berjejer sepanjang Jalan Perniagaan hingga ke Jalan Perdagangan. Selain itu, pekong-pekong, tempat sembahyang masyarakat Tionghoa, juga sudah dibenahi dan diringi dengan pembuatan gambar patung Kambing Kayu. Dimana tahun ini adalah Tahun Kambing yang bermakna kemudahan untuk mencari rezeki.

"Kambing kan mudah dalam mencari makan. Nah, kalau kepercayaan orang Tionghoa, tahun 2015 ini senang dalam mendapatkan rezeki," kata tokoh masyarakat Tionghoa Rohil Gui Samtong alias Anton Guitama, Minggu (14/2).

Pernak-pernik lampion yang menghiasi kota Bagansiapiapi bagaikan negari Hongkong dan Singapora. Kalau untuk wilayah Indonesia, Kota Bagansiapiapi saat ini bagaikan kota-kota yang berada di sekitar Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat.

Dijelaskan Samtong, perayaan Imlek tahun ini diperkirakan bakal lebih ramai dari tahun lalu. Dimana saat ini para sanak keluarga sudah mulai berdatangan untuk berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Imlek.

Pada perayaan Malam Imlek, biasanya warga akan berkumpul di Yayasan Multi Marga untuk berdoa kepada sang pencipta. Sementara, kebanyakan muda-mudi saat perayaan Imlek, memeriahkannya dengan cara melakukan semacam hiburan yang dipusatkan di Kelenteng Pak Kua Ting dengan cara berkaroke, menikmati tarian, dan nyanyian solo.

Pemuda Tionghoa, Awie mengatakan, kebanyakan masyarakat mengisi perayaan Imlek di Kecamatan Panipahan, Kecamatan Pasir Limau kapas (Palika), Pulau Halang dan Sinaboi. Karena tiga kecamatan itu memiliki Sea Food yang diminati masyarakat Tionghoa.

"Kalau bersilaturahmi ke rumah kerabat lainnya, yang diminati itu adalah kue manisan dan Kopi Tiam," kata Awie.*klik-mbr-zie

 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com