Selasa, 26 Mei 2020
Follow:
Home
Peziarah Tionghoa Padati Kota Bagansiapiapi
Sabtu, 28/03/2015 - 14:20:43 WIB
 
 

BAGANSIAPIAPI - Para peziarah dari warga etnis Tionghoa mulai memadati kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, menghadiri acara ritual Cheng Beng. Tradisi yang sudah dilakukan sejak turun temurun itu merupakan bentuk penghormatan kepada arwah agar kehidupan peziarah yang masih hidup, mendapat restu dan berkah dari leluhur.

Cheng Beng atau lebih akrab disebut sembahyang kubur merupakan tradisi yang sudah lama dilakukan warga etnis Tionghoa di Bagansiapiapi untuk mengunjungi pekuburan warga dan sanak familinya di kota asalnya.

Peristiwa ini membuat lonjakan penumpang dari luar kota menuju Bagansiapiapi menjadi berkah tersendiri bagi pengemudi beca di Bagansiapiapi. Para peziarah yang rata-rata menginap di hotel dan juga rumah kerabatnya yang ada di kota Bagansiapiapi menggunakan transportasi ini sebagai sarana untuk mengangkut perlengkapan ziarah menuju lokasi perkuburan Tionghoa yang berada di Simpangtiga dan Pelabuhan Baru.

Ritual sembahyang kubur ini, biasanya dilaksanakan sejak tanggal 26 Maret hingga sampai puncaknya pada tanggal 5 April 2015. Dari keterangan receptionis hotel yang ada di Bagansiapiapi, tamu yang datang menginap berasal dari kota Medan, Jakarta dan daerah lainnya yang sebagian besar mempunyai tujuan untuk kepentingan pulang berziarah.

Ryan, salah seorang peziarah, mengungkapkan, dia menyiapkan sesajian yang kebanyakan merupakan kesukaan para leluhur. Sesaji itu, diletakkan di atas altar kuburan yang terdiri dari nasi, lauk pauk dilengkapi dengan kue dan buah buahan serta minuman.

Ritual yang dilakukan juga di lakukan dengan membersihkan dan mengecat makam dengan berwarna-warni. Setelah itu, peziarah membakar hio dan menyajikan kertas sembahyang, lilin merah di atas altar pemakaman. Ketika menyalakan hio, para peziarah berdoa didepan nisan dengan harapan agar keluarga diberikan keselamatan dan kesejahteraan.*klik-rp010

 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com