Selasa, 26 Mei 2020
Follow:
Home
Bupati Rohil Hadiri Pencanangan Deteksi Dini Kanker Serviks
Selasa, 21/04/2015 - 23:14:20 WIB
 
 

BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Suyatno, menghadiri Pencanangan Program Nasional Percepatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim pada Perempuan Indonesia 2015-2019. Pencanangan dilakukan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Murniwati,  Selasa (21/4/15).

Dalam arahannya, Bupati meminta pencanangan tidak hanya sampai ditingkat kabupaten, tetapi harus sampai ketingkat desa, dengan peran serta puskesmas.

Ditempat itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Murniwati menjelaskan, PKK sebagai wadah aktivitas sosial kemasyarakatan bagi keluarga yang mempunyai program pokok PKK dengan berbagai kegiatan, salah satunya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan mengantisipasi timbulnya berbagai macam penyakit terutama perempuan, contohnya kanker servik.

"Saat ini, banyak sekali ibu-ibu yang belum mengetahui bagaimana gejala-gejala dan cara mencegahnya, untuk itu, sesuai arahan ibu negara pada saat sosialisasi program kerja organisasi, aksi solidaritas era kabinet kerja terkait program nasional gerakan pencegahan dan deteksi dini kanker leher rahim pada perempuan Indonesia di Istana Merdeka, yang telah diikuti oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi seluruh Indonesia, agar Tim Penggerak PKK Provinsi Riau menindaklanjuti," kata Murniwati.

Untuk itulah, secara serentak di seluruh kabupaten/kota melaksanakan pencanangan program tersebut. Pelayanan ini katanya tidak terhenti sampai disini, karena akan terus dipantau dan dievaluasi.

Dia juga meminta, agar membentuk tim ataupun pusat informasi kecamatan yang beranggotakan Tim Penggerak PKK, instansi terkait, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat lainnya, serta mensosialisasikan kepada Tim Penggerak PKK Kepenghuluan, kelurahan dan dasa wisma.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Leni Marlina Junaidi melaporkan, latar belakang, kegiatan itu, sesuai arahan ibu negara pada sosialisasi program solidaritas era kabinet kerja, terkait program nasional, gerakan pencegahan dan deteksi dini kanker servik pada perempuan.

"Metode pencegahan dengan IVA test adalah salah satu metode deteksi kanker servik yang mudah, cepat, akurat, untuk itu, perlu segera disosialisasikan, kegiatan IVA test merupakan kegiatan berkelanjutan selama llima tahun, dan dilakukan evaluasi secara periodik," ujarnya.

Dasar penyelenggaraan surat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau nomor : 12/sekretariat/PKK Provinsi/IV/2015, tanggal 6 April 2015.

Tema, pencanangan program nasional percepatan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia 2015-2019.*klik-rp010

 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com