Senin, 21 Januari 2019
Follow:
Home
Menu Sehat Ini Direkomendasikan untuk Sarapan
Jumat, 05/06/2015 - 09:31:45 WIB
  contoh makanan berserat
 

JAKARTA - Kesibukan pekerjaan kadang membuat orang sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan penting untuk mendapatkan energi yang cukup bagi tubuh saat beraktivitas sepanjang hari.

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Hardyansyah mengatakan, sarapan yang baik harus menyuplai setidaknya 15 persen kebutuhan nutrisi tubuh sepanjang hari. Menu sarapan juga sebaiknya yang mengandung karbohidrat, protein, dan unsur vitamin dan mineral.

"Sarapan sehat itu dinilai dari tiga hal, yaitu jenis lauknya, jumlah makannnya dan waktu pelaksanaannya," ujar Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Hardyansyah ketika di sela-sela acara International Symposium on Food nd Nutrition (ISFAN) 2015, Kamis, 4 Juni 2015.

Menurutnya, jumlah porsi sarapan bagi orang dewasa adalah sekitar seperempat atau seperenam porsi makan selama seharian penuh. Adapun bagi anak kecil, 50 persen dari jumlah tersebut sudah mencukupi.

Dia mencontohkan menu sarapan tradisional yang baik dan bergizi. Beberapa di antaranya adalah bubur Manado yang mengandung sayuran, ikan, dan jagung serta bubur Cianjur atau menu yang menggunakan telur. Nasi uduk yang mennggunakan ayam dan sayur juga tak kalah bergizi.

Jika bubur dirasa terlalu berat, Anda bisa menggantinya dengan roti atau sereal. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi makanan berserat di pagi hari, karena makanan serat membutuhkan waktu cukup lama untuk diproses tubuh sehingga ampuh menahan lapar.

Buah-buahan seperti pisang, apel, jeruk, papaya dan alpukat juga baik dikonsumsi langsung pada pagi hari. Meski memiliki kulit luar, hindari membekal buah-buahan tersebut ke kantor untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya.*klik-tempo.co

 
Berita Terbaru >>
Wajib Pajak Curang, Perbulan Pemko Pekanbaru Rugi Ratusan Juta
Tahun ini, DPKP Pekanbaru Rancang Panggilan Cepat Smart Rescue Madani
Mulai Sore Ini Supermoon Bisa Dilihat Diseluruh Indonesia
Semua Wilayah di Pedamaran Sudah Miliki Aliran Listrik
Perusahaan di Riau Diminta Bayarkan Gaji Sesuai UMP
Meranti Berpotensi Jadi Kota Jaringan Gas
Ghibah, Sikap Buruk yang Harus Dijauhi
Kisah Masyithah, Kisah Tentang Keteguhan Hati Perempuan
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com