Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
Menu Sehat Ini Direkomendasikan untuk Sarapan
Jumat, 05/06/2015 - 09:31:45 WIB
  contoh makanan berserat
 

JAKARTA - Kesibukan pekerjaan kadang membuat orang sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan penting untuk mendapatkan energi yang cukup bagi tubuh saat beraktivitas sepanjang hari.

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Hardyansyah mengatakan, sarapan yang baik harus menyuplai setidaknya 15 persen kebutuhan nutrisi tubuh sepanjang hari. Menu sarapan juga sebaiknya yang mengandung karbohidrat, protein, dan unsur vitamin dan mineral.

"Sarapan sehat itu dinilai dari tiga hal, yaitu jenis lauknya, jumlah makannnya dan waktu pelaksanaannya," ujar Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Hardyansyah ketika di sela-sela acara International Symposium on Food nd Nutrition (ISFAN) 2015, Kamis, 4 Juni 2015.

Menurutnya, jumlah porsi sarapan bagi orang dewasa adalah sekitar seperempat atau seperenam porsi makan selama seharian penuh. Adapun bagi anak kecil, 50 persen dari jumlah tersebut sudah mencukupi.

Dia mencontohkan menu sarapan tradisional yang baik dan bergizi. Beberapa di antaranya adalah bubur Manado yang mengandung sayuran, ikan, dan jagung serta bubur Cianjur atau menu yang menggunakan telur. Nasi uduk yang mennggunakan ayam dan sayur juga tak kalah bergizi.

Jika bubur dirasa terlalu berat, Anda bisa menggantinya dengan roti atau sereal. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi makanan berserat di pagi hari, karena makanan serat membutuhkan waktu cukup lama untuk diproses tubuh sehingga ampuh menahan lapar.

Buah-buahan seperti pisang, apel, jeruk, papaya dan alpukat juga baik dikonsumsi langsung pada pagi hari. Meski memiliki kulit luar, hindari membekal buah-buahan tersebut ke kantor untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya.*klik-tempo.co

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com