Minggu, 23 09 2018
Follow:
Home
Jual Makanan ber-Zat Berbahaya, Akan Ditindak!
Selasa, 23/06/2015 - 23:06:37 WIB
 
 

SIAK (klikriau.com)-Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Siak akan menindak penjual makanan dan minuman yang mengandung zat berbahaya. Tindakan diberikan sesuai hukum berlaku.

"Sejauh ini kita belum menemukan makanan dan minuman yang berbahaya di Kabupaten Siak, namun kita terus mewaspadainya dengan mengambil beberapa contoh makanan dan minuman untuk diperiksa di labor," kata Kadisperindagkop Siak, Wan Bukhori, di Siak Sri Indrapura, Selasa (23/6/2015).

Disebutkannya, pemeriksaan labor untuk mengetahui apakah makanan dan minuman yang dijual mengandung zat berbahaya, seperti pengawet formalin, borax, pewarna tekstil, lemak trans dan aspartam. "Biasanya, produk makanan itu terdapat pada  tahu, bihun, ikan, kikil, daging dan lainnya," ungkap Bukhori.

Untuk itu, ia mengimbau pedagang untuk tidak menjual produk makanan dan minuman yang tidak layak dikonsumsi manusia. Pasalnya, jika dikonsumsi bisa menimbulkan gangguan kesehatan serta membahayakan keselamatan manusia,

Ia juga menghinbau kepada para pedagang kabupaten Siak untuk tidak menjual produk makanan dan minuman kadaluarsa dan yang tidak layak dikonsumsi manusia.

Sebab, kata dia, makanan yang tak layak itu bisa menimbulkan gangguan kesehatan juga membahayakan keselamatan jiwa manusia. Sebaliknya, produk makanan yang dijual harus memiliki tiga unsur, yakni, kesehatan, keamanan, keselamatan dan lingkungan (K3L).

"Kami akan melakukan pengawasan di sejumlah distributor, agen, toko, kios dan warung pedagang makanan dan minuman," ujarnya.

Selain itu, lanjut Bukhori, pihaknya juga memperketat pengawasan terhadap makanan dan minuman yang dijual di pasar Ramadan. "Kita rutin setiap hari melakukan pengawasan di pasar Ramadan seluruh kecamatan." tukasnya.*klik-jas



 
Berita Terbaru >>
Mundur dari Istana, Din Syamsuddin Punya Pilihan di Pilpres
82 Majelis Hakim MTQ Kabupeten Bengkalis ke- 43 Dilantik
Miftahul Akhyar Diminta Gantikan Ma'ruf Amin
Pemkab Bengkalis Belum Berencana Merumahkan THL
Pemko dan Eka Hospital Kerjasama Bangun Halte
Baru Saja Sebuah SPBU di Sawahan Padang Terbakar
Malam Ini Dua Capres akan Berpidato di KPU, Usai Ambil Nomor Urut
Tiba-tiba Jalan Depan Ruko di Setia Budi Pekanbaru Amblas, Motor Berjatuhan
5 Remaja Spesialis Curanmor Masjid Ditangkap Tim Polsek Rumbai Pekanbaru
Puluhan Ribu Nelayan di Perairan Riau Rawan Terlibat Konflik
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com