Sabtu, 17 November 2018
Follow:
Home
Sekda Safari Ramadhan di Masjid Raya Al-Istiqoma Tebing Tinggi
Jumat, 10/07/2015 - 15:16:50 WIB
 
 

Selatpanjang (klikriau.com)-Safari Ramadhan Pemkab. Kepulauan Meranti terus berlanjut kali ini jatah Kecamatan Tebing Tinggi, tepatnya di Masjid Al-Istiqomah, Desa Alah Air. Dilokasi ini rombongan Pemkab. Meranti yang dipimpin Sekdakab. Drs. Iqaruddin berkesempatan memberikan zakat konsumtif untuk 218 kaum dhuafa yang tersebar di 5 Desa di Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis malam (10/7).

Turut mendampingi Sekda, Forkopinda, Asisten III Sekda. T. H. Ahkrial, Kandepag Meranti Miskam, Kabag Kesra Drs. Rosdaner, Kepala Badan/Dinas/Bagian dilingkungan Pemkab. Meranti, tokoh masyarakat/agama, serta ratusan Jemaan dan Kaum dhuafa yang memadati Masjid Al-Istiqomah.

Dalam sambutannya Plt. Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Meranti T. H. Akhrial, dihadapan jemaah masjid dan 218 kaum Dhuafa di 5 Desa yakni Selatpanjang Barat, Banglas Barat, Selatpanjang Timur, Sesap, serta Banglas, berpesan supaya Zakat Komsumtif yang disalurkan oleh Baznas dapat dimanfaatkam sebaik-baiknya. "Silahkan manfaatkan Zakat ini dengan baik untuk mencukupi kebutuhan hidup," ujar T. Akhrial.

Dengan besarnya manfaat zakat dalam mengatasi masalah kemiskinan di Kabupaten Meranti, T. H. Akhrial yang juga Asisten III Sekdakab. Meranti, menghimbau kepada masyarakat yang telah layak menjadi muzaki untuk berpartisipasi mengeluarkan zakat mal nya. "Zakat Mal tidak hanya dibulan Ramadhan, bisa dibulan apa saja, jika ada masyarakat yang bisa menjadi  muzaki diminta dukungan dan partisipasinya," harap T. Akhrial.

Lebih jauh dijelaskannya, hingga saat ini Baznas Meranti telah berhasil menghimpun dana sebesar 80 juta rupiah, dana yang terkumpul itu akan dikelola oleh Baznas untuk berbagai program sosial kemasyarakatan, seperti Program Meranti Sehat dengan pengadaan ambulan air untuk masyarakat yang berada di pulau-pulau yang sulit dijangkau transportasi.

"Jika ada masyarakat yang berada di pulau sakit  dan harus dirujuk ke kota dapat memanfaatkan fasilitas ambulan ini secara gratis," jelasnya.
Program selanjutnya Meranti Peduli dengan membangun penginapan untuk para mualaf seperti di Selat Akar, dan yang terakhir Program Meranti Cerdas yang siap memfasilitasi pendidikan anak-anak kurang mampu namun berprestasi.

"Semoga dengan partisipasi masyarakat membayar zakat di Baznas masalah kemiskinan di Kabupaten Meranti dapat teratasi," harap T. H. Akhrial.

Sementara Sekda. Meranti Drs. H. Iqaruddin usai menyerahkan Zakat Konsumtif kepada yang berhak dan cendera hati serta bantuan uang kepada pengurus Masjid Al- Istiqomah, mengucapkan permintaan maaf dari Bupati Drs. H. Irwan, M.Si yang berhalangan hadir karena sedang menjajaki proyek pengolahan Sagu menjadi gula cair di Semarang, dimana saat ini perusahaan makanan di Indonesia sangat membutuhkan gula cair hasil olahan sagu yang menjadi salah satu andalan Kabupaten Meranti, diharapkan jika proyek itu berjalan dapat memberikan nilai tambah produksi sagu masyarakat yang berujung pada meningkatnya kesejahteraan para petani Sagu di Meranti.

"Bupati sangat ingin hadir ditengah warga Alah Air, namun berhalangan karena sedang mengurus proyek untuk kepentingan masyarakat Meranti," jelas Sekda.

Iqaruddin berpesan zakat konsumtif yang disalurkan oleh Baznas sebesar 350 ribu rupiah per orang serta bantuan lainnya adalah dalam rangka membangun silahturahmi antara Pemda dengan masyarakat. "Jadi Pemda bukan hanya membangun infrastruktur Kabupaten tetapi juga membangun silahturahmi dengan masyarakat," jelas Sekda.

Seiring semakin gencarnya pembangunan di Kabupaten Meranti seperti yang terlihat di Alah Air,  dilaksanakannya proyek jalan lintas, akan menyebabkan Alah Air menjadi pusat keramaian dan lalu lintas kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Untuk itu ia meminta masyarakat dapat mengantisipasinya dengan mengawasi anak-anak dan ternaknya.

"Bagi masyarakat yang tinggal di tepi jalan mari awasi anak-anak, ternaknya jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan," ujar Sekda yang juga menyarankan masyarakat jangan sampai menjual tanah yang dipastikan akan semakin tinggi harganya.

Selain itu memasuki musim kemarau saat ini, Sekda meminta masyarakat yang ingin membuka lahan jangan melakukan pembakaran karena disamping dapat menyebabkan kebakaran yang bersangkutan juga dapat terjerat hukum.

Dari laporan yang diterima Sekda dari pihak Polres hingga malam ke 23 Ramadhan kondisi Meranti masih aman dan terkendali, begitu juga ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok di pasaran, serta stok BBM, meski begitu, ia menyarankan masyarakat tetap berhati-hati menjaga harta bendanya khususnya saat mudik dan keluar rumah.
"Pastikan listrik, kompor dan rumah dalam keadaan aman, jika ingin berbelanja dipasar jangan terlalu berlebih-lebihan," ucapnya.

Terkait Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Meranti Desember 2015 mendatang, Sekda Iqaruddin meminta masyarakat yang sudah memiliki hak pilih memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih, dan melaksanakan hak pilihnya, karena satu suara menentukan masa depan Meranti kedepan.

"Tiba waktunya nanti mari bersama kita ke TPS untuk menentukan masa depan pemerintahan ini," ujar Sekda semoga menjadi pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat.

Kakandepag Meranti Miskam yang berkesempatan menyampaikan tausiahnya mengajak masyarakat hidup dengan aman dan damai, untuk mewujudkannya ada 3 hal yakni sering berkumpul dengan pata ulama, memilih pemimpin yang adil dan orang kaya peduli dan mau berbagi dengan kaum miskin.

Usai tausiah acara ditutup dengan salam-salaman antara rombongan safari ramadhan Pemkab Meranti dengan jemaa'ah masjid Al-Istiqomah yang berlangsung hangat.*klik-hms




 
Berita Terbaru >>
KPK Akan Periksa Direktur Lippo Cikarang
Garuda Jamin KSO tak Ganggu Operasional Sriwijaya Air
FJPI Riau Hadiri Sarasehan dan Kongres Jurnalis Perempuan Indonesia
Chevron Dukung Pelatihan Pengelolaan Sampah untuk Guru TK dan PAUD
Tragedi Semanggi, Keluarga Korban Tagih Janji Jokowi
Garuda Indonesia Ambil Alih Opresional Sriwijaya Group
Kurir Jaringan Sabu Eks Politikus NasDem Diburu BNN
Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Tualang Terendam Banjir
Raih Juara Terbaik Nasional, Syamsuar Kunjungi Puskesmas Sei Apit
KPK Minta Menag Tinjau Ulang Pengadaan Kartu Nikah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com