Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
Bersantap Bersama Keluarga di Rumah Menguatkan Keharmonisan
Minggu, 09/08/2015 - 10:51:56 WIB
  Makan bersama keluarga--int
 

BUDAYA berkumpul dan bersantap bersama keluarga mulai terkikis. Kesimpulan tersebut terungkap dari survei yang dilakukan di awal tahun ini. Sebanyak 20 persen dari 1.165 responden mengaku jarang makan bersama keluarga di rumah.

Lima dari 10 pria mengaku tak punya waktu untuk makan bersama keluarga di rumah karena terlalu sibuk. Alasan serupa ditemui pada responden remaja. Sekitar 26 persen responden remaja mengaku sibuk dan bosan dengan menu yang disajikan menjadi alasan mereka enggan makan di rumah bersama keluarga.

Namun, menurut Psikolog Dra Ratih Ibrahim, bersantap bersama keluarga di rumah adalah momen kebersamaan yang sangat berharga. Meski terdengar sederhana atau sepele, namun kegiatan ini menyimpan dampak positif yang bisa membantu menguatkan keharmonisan keluarga.

Dalam keterangan tertulisnya, Ratih menyatakan, bersantap bersama keluarga di rumah adalah momen berharga yang menentukan eratnya hubungan antar anggota keluarga. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa setiap anggota keluarga perlu menyempatkan waktu, setidaknya 15-30 menit untuk bersantap bersama masakan rumah dengan anggota keluarga di rumah.

Keluarga memiliki peranan penting dalam membentuk generasi muda, khususnya anak-anak mereka menjadi lebih sehat dan berkualitas di masa depan. Selain itu, apabila dijadikan kebiasaan sehari-hari anak-anak akan tumbuh sehat karena relasi keluarganya yang sehat.

Berikut manfaat dari kegiatan makan bersama dengan anggota keluarga lainnya yang diutarakan oleh Ratih:

1. Meningkatkan Komunikasi
Bersantap makanan bersama menjadi sarana keluarga dalam meningkatkan komunikasi anggota keluarga satu sama lain. Percakapan di meja makan dapat membangun hubungan yang baik di dalam keluarga dan menciptakan adanya keterbukaan. Orangtua dapat memberikan masukan maupun solusi kepada masalah yang tengah dihadapi anak, maupun mengetahui aktivitas anak di luar rumah.

2. Nutrisi lebih baik
Makan bersama keluarga terbukti memberikan asupan nutrisi yang baik kepada anak–anak untuk pertumbuhan mereka. Pola makan yang lebih teratur dan kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih diperhatikan ibu saat memasak akan lebih menyehatkan bagi anak-anak dan meningkatkan semangat mereka untuk beraktivitas.

3. Meningkatkan kreativitas sajian masakan
Menyajikan masakan menjadi tantangan bagi para ibu. Ibu memerlukan kreativitas untuk mencari resep-resep baru yang dapat menambah macam masakan-masakan istimewa yang akan dihidangkan untuk keluarga. Dengan mencoba aneka masakan baru, akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan untuk anggota keluarga.

4. Mengajarkan sopan santun
Kesediaan waktu orangtua bersama anak yang tidak banyak, baik karena orangtua bekerja maupun anak yang sibuk dengan aktivitas sekolah, les, dan lainnya membuat kebersamaan antar anggota keluarga menjadi minim. Maka dari itu, dengan makan bersama, orangtua dapat mengajarkan beberapa hal-hal tata krama yang dapat menjaga anaknya agar tetap dapat berperilaku baik dan penuh sopan santun.

5. Lebih hemat
Menyiapkan hidangan makan di rumah tentunya lebih menghemat pengeluaran biaya bulanan keluarga, dibandingkan dengan membeli makanan di restoran ataupun makanan cepat saji lainnya. Dengan lebih hematnya pengeluaran biaya, akan lebih memudahkan orangtua untuk menabung dan menyimpan uang untuk hal-hal yang lebih penting lainnya.*klik/sumber: berisatu.com

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com