Jum'at, 22 Februari 2019
Follow:
Home
APBD Perubahan Siak Disahkan Rp2,9 Triliun
Selasa, 11/08/2015 - 14:21:39 WIB
  Ketua DPRD Siak Indra Gunawan menyerahkan nota keuangan APBD Perubahan yang sudah disahkan kepada Bupati Siak H Syamsuar pada sidang paripurna
 

SIAK (klikriau.com)-Setelah di bahas di Badan Anggaran (Banggar) selama 5 hari, DPRD Siak akhirnya mengesahkan APBD Perubahan Kabupaten Siak tahun 2015 sebesar Rp2,9 triliun lebih. Angka ini tidak jauh berbeda dengan nota keuangan terhadap RAPBD Perubahan yang disampaikan Bupati Siak Drs H Syamsuar melalui sidang paripurna, sepekan lalu.

"Setelah disetujui, APBD Perubahan Kabupaten Siak tahun 2015 sebesar Rp2,9 triliun lebih. Anggaran itu defisit atau turun sebesar Rp311 miliar lebih, jika dibanding besaran belanja daerah sebelum perubahan yakni Rp3,2 triliun. Hal ini dampak dari kebijakan Pemerintah Pusat yang mengurangi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas," ujar Juru Bicara Banggar Masri, pada sidang paripurna DPRD Siak, Senin (10/8/15). 

Dikatakan Masri, rincian belanja daerah pada APBD Perubahan ini terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp1,081 triliun dan belanja langsung sebesar Rp1,824 triliun.

Sementara Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) pada APBD Perubahan sebesar Rp910,4 miliar lebih. Sementara, pendapatan daerah setelah perubahan sebesar Rp2,141 triliun atau turun Rp454 miliar lebih jika dibanding sebelum perubahan, yakni Rp2,595 triliun.

"Penurunan itu karena terjadi pengurangan dana perimbangan Rp560,7 miliar. Sehingga dana perimbangan sesudah perubahan menjadi Rp1,513 triliun. Angka ini lebih kecil dibanding APBD murni, yakni Rp2,073 triliun lebih," kata Masri.

Sedangkan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan lain-lain pendapatan yang sah justru terjadi kenaikan. Diketahui, besaran PAD sesudah perubahan sebesar menjadi Rp344,6 miliar lebih. Angka itu naik sebesar Rp33,5 miliar lebih dibanding APBD murni, yakni Rp311,1 miliar lebih.

"Dengan disahkannya APBD Perubahan Siak 2015 ini, kita harap masing-masing SKPD lebih meningkatkan pengawasan pada setiap kegiatan penyerapan anggaran. Agar benar-benar mendapat hasil yang lebih berkualitas, demi kemajuan Siak ke depan," kata Masri.

Bupati Siak memberi apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD Siak. Sebab, dalam waktu yang tidak panjang, anggota DPRD Siak telah merampungkan pembahasan APBD Perubahan.

"Meskipun setelah ini masih ada proses evaluasi di provinsi, kami minta SKPD untuk sesegera mungkin melakukan persiapan pelaksanaan program dan kegiatan. Tahapan pelelangan sudah dapat dipersiapkan, mengingat efektif waktu anggaran ini tinggal lebih kurang lima bulan lagi," papar Syamsuar.*klik-jas




 
Berita Terbaru >>
Karhutla Makin Meluas, Pemrov Riau Minta Bantuan Pusat
Mursini Gantikan Aziz Zaenal Jadi Ketua DPW PPP Riau
Bersama IBI, Disdalduk KB Pekanbaru Wujudkan Program KKBP
Edarkan Narkoba di Tapung, Suami Istri Ditangkap Polisi
15 Ton Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan BNN
Dirpamobvit Polda Banten Ikuti Pelatihan Auditor Obvitnas di Jakarta
Syamsuar, Bupati Berprestasi Dilantik Jokowi jadi Gubenur Riau
Hoaks Pilpres Dibuat untuk Pengaruhi Sikap Politik Masyarakat
Ria Ricis Youtuber Wanita Pertama Asia Tenggara Raih 10 Juta Subscribers
Sekitar 200 Keluarga Terjebak di Kawasan ISIS di Suriah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com