Sabtu, 14 Desember 2019
Follow:
Home
Hati- Hati Menggunakan Cotton Bud, Jika Tidak Ini Akibatnya!
Senin, 07/03/2016 - 14:07:40 WIB
  Ilustrasi (net)
 

PEKANBARU(klikriau.com)- Anda rajin membersikan telinga dengan Cotton bud? mulai sekarang berhati- hatilah. Jika tidak dilakukan dengan benar, bukannya bersih, justru dapat merusak sistem pembersihan alami telinga.

Dalam panduan pembersihan telinga untuk pasien yang dibuat oleh Oxford University Hospital (OUH). Dituliskan bahwa penggunaan cotton bud yang tak efektif bukannya membersihkan, namun justru membuat kotoran semakin masuk ke dalam rongga telinga.

Faktanya, jika telinga tertutup dengan kotoran telinga dan Anda menggunakan cotton bud untuk membersihkannya, kemungkinan besar kotoran tersebut bisa semakin masuk menuju gendang telinga. Jika dilakukan terus-menerus, kotoran telinga bisa semakin menumpuk dan menimbulkan masalah pendengaran.

"Sebenarnya tak perlu dibersihkan secara terus-menerus, karena telinga kita sebenarnya mampu membersihkan dirinya sendiri," tulis pakar dalam panduan tersebut, seperti yang dilansir Detik health.

Menurut Dale Tylor, MD, dari Washington Medical Foundation di Fremont, California, sejatinya kotoran telinga mengandung antibiotik dan antijamur. "Jika kita terlalu sering membersihkannya maka akan menyebabkan komplikasi di kulit area telinga seperti infeksi telinga hingga eksim di area luar telinga," kata Tylor seperti dikutip dari Huffington Post.

Kalaupun Anda tetap ingin menggunakan cotton bud, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya, Tylor menyarankan Anda untuk membersihkan telinga hanya pada saat setelah mandi.

Hal ini disebabkan kondisi daerah telinga yang hangat setelah mandi bisa membuat kotoran telinga keluar dengan sendirinya. Saat menggunakan cotton bud pun, sejajarkan ujung kuku pada ujung cotton bud. Dengan cara ini, Anda dapat melindungi telinga tanpa melakukan korekan cotton bud terlalu dalam dan berlebihan.*klik-nae

 
Berita Terbaru >>
Wali Kota Hadiri Pisah Sambut Kapolresta Yang Baru
DPMPTSP Pekanbaru Raih Predikat Layanan Prima Seluruh Indonesia
Pengembangan Kota Hijau dan Transportasi Ramah Lingkungan Wako Terima Kunjungan Delegasi CIMT-GT
Pekanbaru Turut Berpartisipasi pada Karnaval Budaya
Pekanbaru Raih Sertifikasi Tertinggi RBRA Dari Kementerian PPPA
Pekanbaru Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Platinum Tahun 2019
Wako Lonching Aplikasi Pembayaran Pajak Daerah Melalui E Channel
Kemenpora Tetapkan Pekanbaru Kota Layak Pemuda
Hasil Riset Asian Development Bank, 22 Juta Penduduk Indonesia Kelaparan
Presiden: Pembangunan Infrastruktur Jangan Gunakan Barang Impor
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com