Sabtu, 14 Desember 2019
Follow:
Home
Hindari Perut Buncit, Ini Caranya!
Rabu, 30/03/2016 - 11:40:15 WIB
  Ilustrasi
 

JAKARTA (klikriau.com)- Semakin tua umur seseorang, semakin berkurang pula metabolisme tubuhnya.  "Mulailah diet dari sekarang. Jangan menunggu sampai usia tua. Lakukan diet sebelum umur 30 tahun atau Anda harus kerja ekstra agar perut tidak buncit di usia yang tak lagi muda"

Hal ini diungkapkan Direktur Micronutrient Initiative, Dr Elvina M.Sc., Sp.GK, Ph.D di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ditulis Rabu (30/3). Jadi jangan heran kenapa banyak yang buncit di usia dewasa, jelasnya.

Bagi seseorang yang memulai diet di umur kisaran 20 sampai 21 tahun dan berhasil menurunkan banyak berat badannya namun terhenti di umur 26 tahun yang membuat berat badannya naik, akan mengalami kesulitan ketika memulai diet lagi di umur 28 dan seterusnya.

"Pasti berasa banget. Di awal-awal mungkin gampang menurunkan banyak, begitu semakin tua usianya, semakin sulit untuk sekadar menurunkan dua sampai lima kilogram," kata Elvina menerangkan.

Elvina menyarankan agar kita memilih diet yang standar. Memerhatikan asupan gizi tanpa meniadakan satu sumber pun, bercermin dari banyaknya jenis diet yang meniadakan salah satu sumber penting dari makanan tersebut. Entah itu garam atau tidak membolehkan karbohidrat dicampur dengan protein hanya boleh bercampur serat.

"Banyaknya jenis diet sekarang memang membuat orang cepat kurus. Tapi begitu dia sudah tidak diet itu lagi, besar kemungkinan berat badan akan naik. Jadinya yoyo. Itu yang bahaya," kata Elvina.

Makanlah seperti biasanya, ada karbohidrat (nasi, kentang, atau pasta), protein, serat, dan lemak yang sehat. Perhatikan juga keperluan kebutuhan tubuh terhadap gula dan garam. Gula hanya boleh 25 gram per hari sementara garam hanya 5 gram per hari.

"Jangan lupa olahraga yang teratur. Sebelum olahraga isi energi jangan tidak makan," kata Elvina yang dibenarkan dr. Grace Tumbelaka, Sp.KO, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedoteran Olahraga.*klik-net

Sumber: Liputan6

 
Berita Terbaru >>
Wali Kota Hadiri Pisah Sambut Kapolresta Yang Baru
DPMPTSP Pekanbaru Raih Predikat Layanan Prima Seluruh Indonesia
Pengembangan Kota Hijau dan Transportasi Ramah Lingkungan Wako Terima Kunjungan Delegasi CIMT-GT
Pekanbaru Turut Berpartisipasi pada Karnaval Budaya
Pekanbaru Raih Sertifikasi Tertinggi RBRA Dari Kementerian PPPA
Pekanbaru Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Platinum Tahun 2019
Wako Lonching Aplikasi Pembayaran Pajak Daerah Melalui E Channel
Kemenpora Tetapkan Pekanbaru Kota Layak Pemuda
Hasil Riset Asian Development Bank, 22 Juta Penduduk Indonesia Kelaparan
Presiden: Pembangunan Infrastruktur Jangan Gunakan Barang Impor
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com