Senin, 16 Desember 2019
Follow:
Home
Empat Gaya Hidup Sehat Turunkan Resiko Kanker Payudara
Senin, 30/05/2016 - 10:59:14 WIB
  Ilustrsasi
 

KLIKRIAU.COM- Sebuah studi baru menyimpulkan, jika Anda adalah wanita dan membawa varian gen yang dikaitkan dengan kanker payudara, gaya hidup "kunci" ini bisa memotong kemungkinan kanker payudara sebesar 30 persen.

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Oncology tersebut mengungkap, dengan menjalani gaya hidup tepat, kasus kanker payudara dapat dihindari oleh para wanita dengan sejarah keluarga maupun genetik kanker bawaan.

"Risiko genetik bukanlah sebuah kondisi mutlak," kata peneliti senior Nilanjan Chatterjee, seorang profesor di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore seperti yang dikutip Kompas.com.

Chatterjee dan tim peneliti mengembangkan studi untuk memprediksi risiko wanita terkena kanker payudara yang disebabkan oleh faktor genetik serta riwayat keluarga kanker payudara. Peneliti melihat usia responden, siklus menstruasi, serta kebiasaan gaya hidup.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang memutuskan untuk melakukan empat gaya hidup, yaitu tidak merokok, menjaga berat badan sehat, menghindari asupan alkohol, serta tidak melakukan terapi hormon usai menopause, secara signifikan mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Sementara itu, peneliti juga mendapati, rata-rata wanita berusia 30 tahun walau tidak memiliki risiko genetik atau keturunan kanker juga memiliki kemungkinan 11 persen terkena kanker payudara pada usia 60 hingga 80 tahun, tetapi gaya hidup tersebut bisa menurunkan risiko tersebut.

"Faktor gaya hidup mungkin lebih penting untuk "dipatuhi" oleh wanita dengan risiko genetik kanker yang tinggi," kata Chatterjee.

"Intinya adalah, studi ini memberikan bukti bahwa, pada 40.000 responden wanita, sejumlah kasus kanker payudara dapat dicegah jika wanita melakukan gaya hidup ini," kata William Dupont, penulis studi dan profesor di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville, Tenn.*klik-net

 
Berita Terbaru >>
Ada Menu Sarapan yang Bikin Ngantuk Lho
Polda Riau Gagalkan Penyelundupan Empat Ekor Bayi Singa Afrika
Ahsan/Hendra Juara BWF World Tour Finals 2019 di China
Korban Banjir Kampar Mulai Terserang Penyakit Kulit
Ditahan Valencia 1-1, Real Madrid Gagal Posisi Puncak Liga Spanyol
Wisatawan Muslimah Sulit Dapat Fasilitas Halal di Busan Korea Selatan
FPK Riau Hadirkan Parade Bhineka Tunggal Ika Hari Ini
Melihat Budaya Minum Teh di Berbagai Negara di Dunia
Masih 35 Tahun, Sanna Marin Sudah Jadi PM Finlandia
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka untuk Umum Mulai Hari Ini
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com