Rabu, 26 Juni 2019
Follow:
Home
Beberapa Penyebab Badan Lemas Saat Puasa
Jumat, 10/06/2016 - 12:48:03 WIB
 
 

LEMAS saat puasa biasanya hanya terjadi pada fase awal puasa, yakni 3-4 hari pertama. Prof Endang L Achadi, Ketua Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia, mengatakan bahwa setelah 3-4 hari tubuh akan beradaptasi sehingga tak akan lagi merasa lemas dan lesu.

Tetapi ternyata ada juga sebagian orang yang merasa lemas, meski sudah menjalani puasa berhari-hari lamanya. Apakah penyebabnya:

1. Makan Banyak Saat Sahur

Menurut praktisi yoga sekaligus salah satu pelaku food combining, Erikar Lebang, makan banyak tapi tanpa metode yang tepat justru akan membuat energi sistem cerna teralokasi secara tidak efisien.

Menurutnya, orang yang makan banyak-banyak saat sahur dengan tujuan asal kenyang, maka akan cepat lapar atau mengalami berbagai ketidaknyamanan akibat inefisiensi energi tubuh. Sebab pukul 4 pagi hingga 12 siang secara siklus merupakan fase di mana energi cerna sedang dipergunakan tubuh untuk membuang sisa metabolisme malam hari.

2. Makan Terlalu Sedikit Saat Sahur

Praktisi Gizi Klinik dan Olahraga Rita Ramayulis, DCN, MKes mewanti-wanti agar makan saat sahur dalam jumlah cukup. Sebab apabila makan terlalu sedikit akan membuat cadangan energi tubuh cepat habis. Akibatnya, tubuh akan cepat terasa lemas.

Jika terlambat bangun sahur, sehingga sudah mepet waktu imsak, dr Inge Permadhi, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyarankan mengonsumsi sereal dan susu.

3. Kurang Minum

Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi dan tubuh lemas. Untuk itu perlu memenuhi kecukupan air minum. Caranya tentu saja dengan menabung persediaan air dari berbuka puasa di hari sebelumnya. Sehingga meskipun sahur hanya dengan sereal dan susu, tubuh tidak akan dehidrasi karena kekurangan cairan.

4. Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi di mana kadar gula darah seseorang sangat rendah, yaitu berada di bawah 70 mg/dL.

Dituturkan spesialis penyakit dalam, dr Em Yunir, SpPD, KEMD, jika pada dasarnya orang tersebut tidak memiliki riwayat diabetes, biasanya tubuh masih memiliki daya kompensasi, sehingga kadar gula darahnya bisa bertahan di angka 80-90 mg/dL.

Gula darah bisa rendah saat puasa, karena adanya pengurangan asupan makanan selama seharian. Umumnya, hipoglikemia muncul di sore hari menjelang buka puasa. Tapi belum tentu setiap lemas saat puasa pasti hipoglikemia.

Untuk memastikan apakah benar hipoglikemia atau bukan, maka harus melakukan cek gula darah. Kalau hasilnya di bawah 70 mg/dl, apalagi sampai di bawah 60 mg/dL, maka dianjurkan segera berbuka.

5. Kebanyakan Tidur

Tidur seharian pada saat sedang berpuasa bukanlah cara tepat menghemat energi. Karena kebanyakan tidur juga bisa bikin lemas.

dr Andreas Prasadja, RPSGT, yang akrab disapa dr Ade, ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran menjelaskan sangat wajar seseorang mengantuk di bulan puasa. Sebab tubuh akan menjadi kekurangan tidur dan utang tidur makin banyak. Ini membuat tubuh beradaptasi dengan cara mengantuk lebih sering dan tubuh menjadi lemas.

Saat tidak sedang di bulan Ramadan, jam tidur yang dianjurkan setiap hari adalah sekitar 7-8 jam. Namun, dengan pengurangan ini maka jam tidur dipastikan akan berkurang. Untuk memenuhi pengurangan ini, tubuh akan tetap berusaha memenuhi jam tidur tersebut, sehingga siang hari orang akan mengalami kantuk berlebihan.

Rasa kantuk yang berlebihan akan membuat seseorang justru menjadi kebanyakan tidur, akibatnya tubuhnya menjadi lemas. dr Ade menyarankan Anda tetap melakukan aktivitas di jam yang memang sudah seharusnya, tapi berikan waktu lebih kurang 15 menit di sela istirahat siang untuk beristirahat.**/sumber detik.com

 
Berita Terbaru >>
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
Hilang di Sungai Lakar Siak, Mayat Wartoyo Ditemukan Dalam Perut Buaya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com