Sabtu, 20 Juli 2019
Follow:
Home
Bupati Siak: Akan Kita Bakar Kebun Sawit Dalam Cagar Biosfer
Rabu, 15/06/2016 - 05:21:23 WIB
 
 

PEKANBARU - Bupati Siak Syamsuar meradang dan berjanji akan memusnahkan ribuan hektare kawasan hutan cagar biosfer Giam Siak Kecil (GSK) yang dirambah dan dijadikan perkebunan sawit.

Dalam rapat koordinasi 'Rencana Pemulihan Keamanan dan Penegakan Hukum di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil' di Pekanbaru, Selasa (14/6/2016)malam, Syamusra menyebutkan untuk pemulihan dan penegakan hukum di kawasan cagar biosfer, pihaknya bersama instansi terkait akan mengeluarkan seluruh masyarakat yang telah bermukim di dalam kawasan hutan.

"Seluruh perkebunan sawit akan kita musnahkan. Masyarakat akan kita pulangkan ke kampung halamannya masing-masing. Operasi ini akan dilaksanakan segera setelah seluruh tim mempersiapkan segala sesuatunya," kata Syamsuar.

Apa yang dikatakan Bupati ini disambut Kapolres Siak, AKBP Restika Pardamean Nainggolan yang menyatakan siap melakukan operasi penegakan hukum di kawasan cagar biosfer.

"Kita sudah melayangkan surat peringatan sebanyak dua kali selama tahun 2015 kepada perambah hutan. Tapi mereka tidak juga mau keluar dari kawasan itu," kata Restika.

Selain ada ratusan rumah di kawasan cagar biosfer, masyarakat perambah hutan juga membangun fasilitas umum seperti sekolah dan rumah tempat ibadah.

Dari pengamanan di lapangan, sambung Kapolres Siak yang baru menjaba dua bulan ini, bahwa kebun sawit ilegal di kawasan tersebut berusia antara 4 sampai 5 tahun.

Restika juga menyebutkan, masyarakat yang mengklaim memiliki keterangan surat tanah dari perangkat desa, dinilai ilegal. Kasus kepemilikan surat tanah ini juga menyeret oknum polisi yang telah diajukan ke pengadilan.

"Putusan pengadilan Siak, menyatakan kepemilikan surat tanah tersebut tidak sah," katanya.**/nai

 
Berita Terbaru >>

Kota Pekanbaru Raih Dua Penghargaan dari Kemen PPPA
Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan Lingkungan
Penganiaya Balita yang Makamnya Dibongkar untuk Autopsi Ternyata Ibu Kandung
ASITA Riau Tolak Program Umroh Digital
FW-KLA Diharap Mampu Bersinergi dengan Pemerintah
UNRI Buka Pendaftaran Jalur Mandiri dan Bina Lingkungan
Sanggar Selembayung Mengarak Teater Lewat 'Padang Perburuan'
Woww, Suhu Kota Bandung Capai 13 Derajat Celcius
Sebabkan Karhutla, Pria di Rawa Sekip Inhu Diamankan Polisi
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com