Jum'at, 22 Maret 2019
Follow:
Home
Inilah Penyebab Gigi Sensitif
Rabu, 15/06/2016 - 11:15:47 WIB
  Ilustrasi
 

JAKARTA (klikriau.com) - Gigi terasa ngilu saat terkena makanan dan minuman dingin maupun panas, itu tandanya Anda mengalami gigi sensitif.

Dokter gigi Sabai Asmaraghrya mengungkapkan, gigi sensitif bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Paling sering terjadi karena cara menyikat gigi yang salah.

"Misalnya sikat gigi dengan tekanan yang terlalu kuat. Itu bisa membuat gusi turun," ujar Sabai di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Cara sikat gigi yang salah juga menyebabkan lapisan luar gigi atau email gigi menjadi terkikis. Sabai menjelaskan, menipisnya email gigi mengakibatkan terbukanya lapisan dentin. Hal inilah akhirnya yang menyebabkan gigi sensitif.

"Di dalam dentin terdapat tubuli dentin yang berhubungan dengan saraf. Kalau terkena rangsangan. Seperti minuman panas atau dingin, jadi terasa ngilu," jelas Sabai.

Selain itu, menipisnya email gigi juga bisa disebabkan oleh metode bleaching atau pemutihan gigi yang berlebihan. Makanan dan minuman yang bersifat erosi seperti terlaku asam juga bisa merusak email.

Untuk mencegah kerusakan email gigi dan jaringan lunak di dalam gigi, hindarilah makan atau minum terlalu panas, kemudian langsung minum dingin atau sebaliknya.

Rasa ngilu pada gigi sensitif biasanya hanya sebentar, namun terasa sangat tajam. Rasa ngilu atau sakit hanya muncul ketika terkena rangsangan, seperti makan atau minum panas, dingin, manis, dan asam.

Menurut Sabai, jika sudah mengalami gigi sensitif, gunakanlah pasta gigi untuk gigi sensitif dan menyikat gigi dengan benar. Hindari menyikat gigi dengan tekanan terlalu kuat. Saat menyikat bagian depan gigi, lakukanlah gerakan melingkar. (Kpc)

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com