Selasa, 26 Mei 2020
Follow:
Home
Satgas Turunkan Tim Bom Air
Karhutla di Kawasan PT Sawit Raya Rohil Makin Meluas
Senin, 27/06/2016 - 11:50:19 WIB
 
 

PEKANBARU - Kebakaran lahan yang melanda kawasan Bagan Sinembah Raya Utara, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) hingga hari ini,  Senin (27/6/2016), belum juga teratasi. Karena itu Satuan Tugas (Satgas) Karhutla menurunkan dua pesawat dan dua helikopter untuk melakukan pengeboman dengan air via udara, agar kebakaran tidak kian meluas.

Penugasan dua helikopter dan dua pesawat ini, kata Kadis Operasi Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kolonel penerbang Yani Amirullah, setelah petugas memantau dari udara adanya titik api di lahan bukaan baru yang cukup luas. Diperkirakan, luas cakupan kebakaran mencapai puluhan hektar.

Informasi sementara yang diperoleh dari petugas, lokasi kebakaran terjadi di lahan konsesi PT Sawit Raya, yang diketahui bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit. Lokasi tersebut juga diperkirakan merupakan lokasi sama yang sempat terbakar pada bulan Mei lalu. Karena itu Satgas mendesak agar polisi segera mengusutnya.

Dua pesawat ini jenis Air Tractor AT-802, sedangkan dua helikopter lainnya yakni MI-8 dan MI-171. Keempatnya sejak pagi tadi sudah terbang dari Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru menuju Kabupaten Rohil untuk melakukan bom air (Water bombing).

"Target kita masih sama, yakni lokasi kemarin yang di Bagan Sinembah Raya Utara. Di sana masih terbakar sampai hari ini," sebut Kasibaseops Disops Lanud Roesmin Nurjadin, Mayor Lek Ferry Duwantoro, Senin pagi. 

Untuk helikopter MI-8, target water bombing fokus di Simpang Kanan, dengan koordinat N 01 55' 25.32" dan E 100 27' 36.72". Untuk dua pesawat Air Tractor juga di Simpang Kanan, dengan koordinat N: 01° 55' 25.32" dan E: 100° 27' 36.72", begitu juga dengan MI-171.

"Kalau sudah padam, helikopter dan pesawat tersebut kita kerahkan menuju ke Kubu, Kabupaten Rohil. Karena informasi dari camat setempat, ada titik api di sana," singkat Ferry Duwantoro.**/nda

 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com