Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Wapres: Kondisi Riau Tragis Akibat Pengelolaan SDA tak Seimbang
Jumat, 22/07/2016 - 15:58:51 WIB
  Wakil Presiden Jusuf Kalla diapit Menteri LHK Siti Nurbaya (kiri) dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Istana Siak, Riau.


 

SIAK- Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia Tingkat Nasional 2016 di Kabupaten Siak, berlangsung Jumat (22/7/16) sekitar pukul 09.55 WIB, dibuka Wapres Jusuf Kalla.

Wapres dalam pidatonya enyebut, Riau merupakan salah satu daerah yang kondisinya tragis akibat pengelolaan sumber daya alam yang tidak seimbang. Ia berharap kondisi ini segera diakhiri.

"Belakangan biaya yang harus kita keluarkan untuk memulihkan dan mengatasi kerusakan lingkungan jauh lebih besar dari hasil yang didapat. Tidak hanya itu, pengelolaan sumber daya alam yang tak seimbang menyebabkan banyak pengambil kebijakan yang tersangkut hukum," kata Wapres.

Dalam acara yang juga dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Riset dan Tehnolgi M Nasir dan Menteri Infomarsi dan Komunikasi Rudiantara, Wapres menyerahkan penghargaan Adipura, Adiwiyata dan penghargaan lingkungan hidup lainnya.

Meski mengkritisi, Wapres secara khusus juga memuji kearifan masyarakat Riau dalam melestarikan lingkungan hidup.

"Hari ini kita memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Riau, di Siak, daerah yang masyarakatnya paling paham bagaimana menciptakan lingkungan hidup yang lestari," ujar Wapres yang disambut tepuk tangan hadirin.

Meski demikian, Wapres juga mengingatkan agar pengelolaan sumber daya alam yang dimiliki Riau dijaga dengan seimbang.

“Kalau kita lihat Riau dari pesawat terlibat semua kebun kelapa sawit. Kalau tidak dikelola dengan berkesinambungan, akan menimbulkan masalah serius," ingatnya.

Kemudian, Wapres berharap agar momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, smeua pihak menyadari kekeliruan tersebut untuk menjadikan pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik.

Sempat disingung juga oleh Wapres mengenai pengelolaan sampah. Agar dilakukan dengan baik. Tidak hanya menjamin kebersihan lingkungan, tetapi bisa dijadikan sumber energi baru.

Wapres juga mengajak semua pihak menghindari kutukan lingkungan hidup. Menurutnya, banyak negara yang menjadi korban kutukan lingkungan.**/nai


 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com