Selasa, 13 November 2018
Follow:
Home
Bupati: Setiap Jalan di Rohil Diprogramkan Penimbunan Jalan Perkebunan
Jumat, 14/10/2016 - 19:39:09 WIB
 
 

BAGANSIAPIAPI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) kembali menjalankan program bantuan bagi kalangan petani perkebunan. Salah satu program itu dengan memberikan bantuan bibit kelapa sawit secara gratis kepada masyarakat petani. Selain itu, pemkab Juga membantu petani perkebunan dibidang insfraruktur seperti jalan menuju ke sentral perkebunan petani.

Demikian dikatakan Bupati Rohil, H Suyatno Amp di Bagansiapiapi. Ia mengatakan hampir setiap kecamatan yang ada dirohil diprogramkan oleh pemerintah penimbunan jalan perkebunan. Program pembangunan jalan tersebut merupakan upaya pemerintah daerah guna untuk mensejahterakan petani perkebunan. Dengan terbangunnya jalan yang ada di kawasan perkebunan tentunya dapat memudahkan petani untuk mengeluarkan hasil panennya, dan harga jual Tandan Buah Sawit (TBS) petani perkebunan bisa pula lebih meningkat.

''Program Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Selain menyiapkan kebun K2i juga memberikan bantuan bibit kelapa sawit bagi petani perkebunan. Program ini  disasarkan kepada petani perkebunan yang memiliki lahan yang tidak begitu luas. Pembagian bibit dilakukan secara merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan HiliR,'' jelas Suyatno, dilansir halloriau.com.

Beberapa tahun belakangan ini ribuan batang bibit sawit telah disalurkan oleh pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Perkebunan kepada masyarakat petani perkebunan. Seperti penyaluran 12.000 batang bantuan bibit kelapa sawit kepada empat kelompok tani yang ada Kecamatan Simpang Kanan.

''Maksud program tersebut untuk meningkatkan kwalitas tanaman masyarakat kelompok tani. Penyaluran diutamakan kepada tanaman yang layak diremajakan sehingga dengan harapan petani untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi,'' katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Rohil, Syahril S Sos mengatakan, program bantuan bibit ini sasarannya adalah kalangan petani perkebunan yang memang memiliki lahan tidak cukup luas. Menurutnya pembagian bibit tersebut akan dilakukan secara merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

''Beberapa tahun belakangan ini pemerintah sudah pembagikan bibit di seluruh kecamatan,'' jelasnya.

Pembagian bibit kelapa sawit ini dilakukan sesuai dengan permintaan masing-masing kelompok tani di tiap-tiap kecamatan. ''Bibit sawit yang dibagikan berusia 1-2 tahun yang sudah dibagikan yakni ada 10 ribu batang. Bibit ini di bagikan melalui pihak kepenghuluan/kelurahan kecamatan dan kelompok tani,'' terang Syahril. (ee)

Teks Foto: Suyatno. (f: int)


 
Berita Terbaru >>
SKK Migas Raih Juara II Stan Terbaik Riau Expo 2018
Runway 2.600 Meter Bandara Internasional SSK Pekanbaru Diresmikan
Banjir Masih Jadi Ancaman di Beberapa Wilayah Riau
Inilah Kalimat Terakhir Khashoggi Sebelum Dibunuh di Konsulat Saudi
Peduli Bencana Sulteng, Pemkab Bengkalis Salurkan Bantuan Rp263 Juta
Dorong Pertumbuhan Wisata, Forwata Riau Eksplore Keindahan Rokan Hilir
Banjir dan Longsor di Pariaman, Dua Orang Tewas
Teuku Wisnu: Dari Glamour ke Zikir
Suap Meikarta, KPK Panggil Eks Presdir Lippo Cikarang
Diduga Tampil di Indonesia tak Sepenuh Hati, PSY Dituntut Rp.3,6 Miliar
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com