Rabu, 16 Januari 2019
Follow:
Home
Bupati: Setiap Jalan di Rohil Diprogramkan Penimbunan Jalan Perkebunan
Jumat, 14/10/2016 - 19:39:09 WIB
 
 

BAGANSIAPIAPI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) kembali menjalankan program bantuan bagi kalangan petani perkebunan. Salah satu program itu dengan memberikan bantuan bibit kelapa sawit secara gratis kepada masyarakat petani. Selain itu, pemkab Juga membantu petani perkebunan dibidang insfraruktur seperti jalan menuju ke sentral perkebunan petani.

Demikian dikatakan Bupati Rohil, H Suyatno Amp di Bagansiapiapi. Ia mengatakan hampir setiap kecamatan yang ada dirohil diprogramkan oleh pemerintah penimbunan jalan perkebunan. Program pembangunan jalan tersebut merupakan upaya pemerintah daerah guna untuk mensejahterakan petani perkebunan. Dengan terbangunnya jalan yang ada di kawasan perkebunan tentunya dapat memudahkan petani untuk mengeluarkan hasil panennya, dan harga jual Tandan Buah Sawit (TBS) petani perkebunan bisa pula lebih meningkat.

''Program Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Selain menyiapkan kebun K2i juga memberikan bantuan bibit kelapa sawit bagi petani perkebunan. Program ini  disasarkan kepada petani perkebunan yang memiliki lahan yang tidak begitu luas. Pembagian bibit dilakukan secara merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan HiliR,'' jelas Suyatno, dilansir halloriau.com.

Beberapa tahun belakangan ini ribuan batang bibit sawit telah disalurkan oleh pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Perkebunan kepada masyarakat petani perkebunan. Seperti penyaluran 12.000 batang bantuan bibit kelapa sawit kepada empat kelompok tani yang ada Kecamatan Simpang Kanan.

''Maksud program tersebut untuk meningkatkan kwalitas tanaman masyarakat kelompok tani. Penyaluran diutamakan kepada tanaman yang layak diremajakan sehingga dengan harapan petani untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi,'' katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Rohil, Syahril S Sos mengatakan, program bantuan bibit ini sasarannya adalah kalangan petani perkebunan yang memang memiliki lahan tidak cukup luas. Menurutnya pembagian bibit tersebut akan dilakukan secara merata di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

''Beberapa tahun belakangan ini pemerintah sudah pembagikan bibit di seluruh kecamatan,'' jelasnya.

Pembagian bibit kelapa sawit ini dilakukan sesuai dengan permintaan masing-masing kelompok tani di tiap-tiap kecamatan. ''Bibit sawit yang dibagikan berusia 1-2 tahun yang sudah dibagikan yakni ada 10 ribu batang. Bibit ini di bagikan melalui pihak kepenghuluan/kelurahan kecamatan dan kelompok tani,'' terang Syahril. (ee)

Teks Foto: Suyatno. (f: int)


 
Berita Terbaru >>
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
Tim Penasehat Hukum Mentahkan Dakwaan JPU, Agus Salim Harus Bebas Demi Hukum
Piala Adipura ke 4, Hadiah Manis untuk Syamsuar Sebelum Dilantik Sebagai Riau I
Rumah Tenun Kampung Bandar, Penghasil Kain Tenun Riau Sejak 2012
Tak Jadi Besok, Seminar Bedah APBD Riau 2019 Diundur Tanggal 22 Januari
Bank Riau Kepri Lakukan Lelang Jabatan untuk Isi Posisi Strategis
PHW Kembangkan Wisata Jalan Kaki di Kampung Melayu Pekanbaru
KIM Bukti Timah Dumai olah Daun Singkong Jadi Dendeng
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com