Kamis, 21 Maret 2019
Follow:
Home
Jadikan Baja Pesisir Percontohan Pertanian, Ini Kendalanya
Selasa, 01/11/2016 - 19:29:18 WIB
 
 

BAGANSIAPIAPI-Dinas pertanian dan peternakan (Distanak) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sangat optimis kalau kepenghuluan Bagan Jawa (Baja) Pesisir, kecamatan Bangko akan menjadi sentra areal percontontohan pertanian dinegeri seribu kubah kedepannya. Pasalnya, selain masih memiliki lahan yang luas juga sangat perpotensi dengan tanaman pertanian.

Demikian dikatakan Kadistanak Rohil, Ir Muslim, Senin (31/10) di Bagansiapiapi. Ia mengaku optimis kalau baja pesisir itu bisa dijadikan pusat percontohan, karena Bupati dan distanak sendiri telah melihat langsung lahan yang ada sangat cocok. Selain itu, pemkab Rohil juga telah menyalurkan berbagai bantuan alat dan bibit pertanian melalui kelompok tani dan penanaman perdana padi pada pekan kemaren.

“Dengan adanya tanam perdana yang kita lakukan diareal pertanian baja pesisir diatas lahan 500 Hakter (Ha) diyakini para petani akan menjadi semangat agar lebih giat bertani. Dengan begitu tentunya mampu menambah produktivitas gabah dirohil khususnya dikecamatan Bangko,” ujar Muslim, dilansir tutelah.com.

Diakui Muslim, masalah irigasi saat ini memang masih menjadi kendala utama, karena kebanyakan petani mengeluh karena kondisi lahan yang masih menunggu sistem tadah hujan.

“Di Baja pesisir itu kalau musim panas maka tanahnya akan kering, jika musim hujan lahannya akan tenggelam. Untuk itu kita berharap sinergitas satuan kerja (Satker) terkait untuk bersama-sama mengatasi hal tersebut,” Harapnya.

Ditambahkan, apabila semua wilayah pertanian dimaksimalkan penanaman maka bukanlah suatu mimpi untuk kabupaten Rohil untuk kembali surplus gabah dan menjadi kawasan swasemnada pangan di propinsi Riau.

“Dulu kita pernah meraih predikat sebagai surplus gabah di Riau, namun akibat alih fungsi lahan yang dilakukan oleh petani predikat itu hilang. Makanya kita mengharapkan kepada masyrakat agar memanfaatkan lahan yang ada untuk mencetak lahan persawahan. Mengenai bantuan peralatan dan bibit itu nantinya akan disalurkan oleh pemkab Rohil melalui Distanak,” pungkasnya. (ee)

(f: tutelah.com)

 
Berita Terbaru >>
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com