Kamis, 27 Juni 2019
Follow:
Home
Rusia Ternyata Punya Deretan Masjid yang Cantik, Ini Buktinya
Rabu, 23/11/2016 - 11:15:33 WIB
 
 

MOSCOW-Mendengar nama Rusia rasanya tidak terbayang jika ternyata negeri ini punya banyak masjid cantik di seantero negerinya. Mulai dari Moscow sampai St. Petersburg, inilah deretan masjid cantik di Rusia.

Masjid cantik yang pertama bisa ditemui di Moscow. Masjid bernama resmi Cathedral Mosque of Moscow ini adalah salah satu masjid terbesar di Eropa. Masjid yang memiliki dua kubah kuning ini bisa menampung sampai 10 ribu umat, yang setiap Jumat jumlahnya bisa meluber hingga 15 ribu.

Masjid cantik kedua ada di Kazan yang dikenal juga dengan nama Masjid Kul Sharif. Masjid berkapasitas 6 ribu umat ini sangat cantik dan juga aktif. Setiap hari di salah satu sudutnya, ada ruangan khusus untuk mengkhatam Al-quran. Masjid ini juga selalu ramai karena tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun juga berfungsi sebagai museum dan Islamic Center.

Sebagaimana dilansir Wolipop, masjid cantik berikutnya yang kami temui dalam perjalanan tur "Hijab for The World" Elhijab ada di Saint Petersburg. Kemasyhuran Masjid Biru yang juga dikenal sebagai Masjid Soekarno ini bahkan menyaingi museum seni The Hermitage, sebagai tempat yang tak boleh dilewatkan terutama bagi turis asal Indonesia. Sebabnya tidak hanya cantik, namun masjid ini juga menjadi saksi sejarah hubungan baik Indonesia dengan Rusia di masa lalu.

Pada era Komunis masjid ini sempat dijadikan gudang oleh pemerintah Uni Sovyet ketika itu karena semua tempat ibadah baik gereja maupun masjid tak boleh digunakan untuk beribadah.

Presiden Soekarno yang saat itu melihat kondisi masjid dalam kunjungan ke Rusia tahun 1956 memiliki andil besar dalam melobi pemerintah setempat untuk melakukan pembukaan kembali masjid berkubah biru itu sebagai tempat ibadah umat Muslim di negara itu. Dianggap berjasa, hingga saat ini Masjid Biru dikenal sebagai Masjid Soekarno.

Masjid Biru memiliki kubah biru dengan gaya arsitektur Asia Tengah. Dua menara kembarnya yang menjulang tinggi berhadapan dengan beberapa gereja di sekitarnya. Masjid ini juga menjadi pusat kegiatan umat, membuka layanan pencatatan pernikahan, pendaftaran ibadah haji sampai memberikan nama bagi bayi yang baru lahir.

Seperti yang terlihat saat Wolipop mengunjungi masjid ini bersama Elhijab, Minggu (20/11/2016) lalu, ada seorang keluarga yang baru saja mendapatkan nama bagi bayi yang baru lahir. "Namanya Yasmina, diberi nama oleh imam barusan," kata sang ayah.

Masjid Biru menjadi salah satu ikon kota Saint Petersburg yang memiliki banyak bangunan berarsitektur cantik. Arsitekur cantik itu misalnya, The Hermitage, museum seni yang sangat luas dan termasuk yang terbesar dan tertua di Eropa. Museum ini dibangun tahun 1764 oleh Catherine the Great dan terdiri dari lima bangunan dan juga dikenal sebagai Winter Palace.

Ada juga The Church of the Spilled Blood (Church of Ressurection) yang berkubah mirip bawang merah dan berdinding bata merah. Sangat fotogenik untuk difoto. (ee)

(f: wolipop)



 
Berita Terbaru >>
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com