Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
Sinar Matahari Pagi dan Kalsium Untuk Menjaga Kekuatan Tulang Lansia
Senin, 02/01/2017 - 11:30:17 WIB
 
 

SEIRING bertambahnya usia, asupan kalsium saja tidak cukup untuk membuat tulang tetap kuat. Ada dua hal penting lainnya yang dibutuhkan agar kerja kalsium menjadi maksimal.

Perubahan hormon selama dan setelah masa menopause membuat wanita memiliki risiko besar untuk mengalami osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia, kata Kerry Hildreth, MD, asisten profesor kedokteran geriatrik di University of Colorado.

"Mengonsumsi suplemen kalsium untuk mencegah tulang keropos dan osteoporosis adalah rekomendasi umum untuk wanita yang lebih tua. Secara khusus kebutuhan wanita di atas 45 tahun ialah 1.000 sampai 1.500 mg per hari. Tapi mengambil kalsium ekstra saja tidak akan melindungi tulang Anda," terang Hildreth.

Menurutnya, asupan kalsium perlu diimbangi dengan asupan vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium. Jadi untuk orang yang berisiko mengalami keropos tulang, mengonsumsi dua suplemen bersama-sama adalah ide yang baik.

Hanya saja, vitamin D lebih dapat diserap tubuh bila Anda mendapatkannya secara alami, yaitu melalui sinar matahari pagi. Berjemur di bawah matahari selama 20 menit sebelum jam 9 pagi adalah pilihan terbaik.

Namun Hildreth melanjutkan, mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D ternyata masih tidak cukup. Saat lansia, kepadatan tulang juga sangat ditentukan oleh kekuatan otot, jadi jika otot Anda lemah, banyak asupan kalsium dan vitamin D saja tidak akan membantu.

"Anda harus tetap aktif dan berolahraga agar otot-otot Anda dapat menyokong tulang. Sehingga, rajin minum susu misalnya, tak akan ada artinya bila Anda tidak bergerak, seperti berjalan kaki setidaknya 10-20 menit per hari," kata Hildreth.

Jika Anda mengasup pola makan sehat dan bervariasi sebelum usia 45 dan dilanjutkan hingga usia lebih tua, sangat mungkin kalau Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen apapun, tambahnya.**

Sumber: Kompas.Com

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com