Home
DPRD Riau Gelar Paripurna Hasil Kerja Pansus LKPJ Gubri 2016
Kamis, 20/04/2016 - 21:22:23 WIB
 
 

PEKANBARU - DPRD Riau menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Kerja Pansus Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban  (LKPJ) Kepala Daerah tahun 2016 sekaligus Pidato Gubri, Kamis, (20/04/17).

Sekaligus Paripurna Istimewa  Penyerahan Rekomenadsi Pansus LKPJ DPRD Riau Terhadap LKPJ Kepala Daerah Tahun 2016. Kedua Rapat di pimpin Ketua DPRD Riau, Septina Primawati , di hadiri 40 anggota dewan dan Gubernur Riau Arsyad Yuliandi Rahman. Penyampaian Rekomendasi DPRD Riau terhadap LKPJ Gubri 2016 di serahkan pada rapat paripurna kedua yakni paripurna istimewa.

Ketua DPRD Riau Septina diawal rapat mengatakan, Pimpinan mengapresiasi Pansus telah berhasil menyelesaikan tugasnya sebelum masa berakhir batas maksimal 30 hari. Dengan telah selesainya pembahasan LKPJ Kepala Daerah tahun 2016 ini mudah-mudahan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Gubri untuk menetapkan kebijakan sesuai ketentuan.

Sementara, juru bicara Pansus LKPJ, M Arpah dalam penyampaian laporan kerja pansus mengatakan, dalam rangka menyampaikan rekomendasi perbaikan terhadap LKPJ Kepala daerah provinsi di tahun 2016, Pansus bekerja keras menyelesaikannya tepat waktu sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah DPRD provinsi.



Berdasarkan hasil kerja Panitia khusus (Pansus) DPRD Riau ini, terdapat beberapa perbedaan dalam APBD Riau 2016 dengan yang dilaporkan dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun 2016.

Diantaranya, hutang provinsi kepada pihak ketiga, dan perubahan APBD 2016. Menurut HM Arpah yang membacakan hasil kerja Pasus, perubahan APBD Riau 2016 sebesar Rp 10,365 triliun lebih. Sedangkan jumlah anggaran yang dilaporkan dalam LKPJ sebesar Rp 10,371triliun lebih atau Rp 6, 671 miliar.

Demikian juga dengan Anggaran Pendapatan dalam LKPJ, terdapat perbedaan sebesar Rp 6,6 miliar lebih 679 ribu rupiah dengan realisasi sampai dengan 31 Desember 2016 sebesar 731 miliar 691 juta 84,9% pendapatan serapan dana tahun 2016 sebesar 84,9% lebih jauh baik dari tahun 2015 dan tahun 2014.

Menyikapi hal itu Gubri Arsyadjuliandri Rachman berjanji hasil kerja Pansus DPRD Riau ini akan dijadikan bahan evaluasi dan pembahasan lebih lanjut.

"Kami akan memperhatikan rekomendasi anggota dewan dan akan kami jadikan bahan dan pedoman untuk menyusun pembangunan di masa yang akan datang," ujar Gubri.



Gubri berharap kedepan dapat meningkatkan kerjasama yang baik yang selama ini sudah terbangun untuk melaksanakan pembangunan dan menjalankan roda pemerintahan khususnya pada tahun anggaran 2017 baik kepada jajaran Pimpinan dan anggota dewan.

Ia berharap, kedepan dapat meningkatkan kerjasama yang baik yang selama ini sudah terbangun untuk melaksanakan pembangunan dan menjalankan roda pemerintahan khususnya pada tahun anggaran 2017 baik kepada jajaran Pimpinan dan anggota dewan, tutup Gubri.

Sementara Ketua DPRD Riau Septina mengatakan, setelah dibahas oleh Pansus dan sesuai tahapan tahapan mekanisme yang diatur dalam tata tertib dewan LKPJ kepala daerah tahun 2016, dapat diterima dan disetujui serta penetapan rekomendasi DPRD provinsi Riau melalui rapat paripurna.

Dikatakan, sesuai tata tertib DPRD ayat 3 berdasarkan hasil pembahasan sebagaimana dimaksud pada ayat teesebut DPRD menetapkan keputusan ayat 52 putusan DPRD sebagaimana dimaksud pada ayat 3 disampaikan kepada Kepala Daerah dalam rapat paripurna bersifat istimewa sebagai rekomendasi kepada kepala daerah untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan ke depan.

Oleh karena itu sambung Septina, DPRD Riau akan menyerahkan rekomendasi terhadap LKPJ Kepala Daerah tahun 2016 kepada Gubernur.

Usai penyerahan rekomendasi, ketua DPRD Riau Septina menutup rapat dan mengatakan dewan berharap Gubri menindaklanjutinya. (adv)

 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com