Sabtu, 19 Januari 2019
Follow:
Home
Satgas Karhutla Riau Siagakan Satu Heli Waterbombing
Selasa, 13/06/2017 - 14:20:52 WIB
 
 

PEKANBARU - Satuan tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau menempatkan 1 helikopter jenis MI-172 ke Kota Dumai. Tujuannya mengantisipasi bencanan Karhutla di pesisir Riau tersebut.

Menurut anggota Satgas Karhutla Riau, Jim Gafur, heli itu bertugas melakukan waterbombing atau pemadaman lewat udara.

"Ini merupakan  salah satu rencana awal Satgas Karhutla dalam mencegah dan menanggulangi bencana tahunan di Riau," katanya, Selasa (13/6/2017).

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pekan lalu mengirim dan  menyiagakan 5 heli jenis MI-171, MI-172, MI-8 dan S-61 di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru.

Seluruh helikopter tersebut akan terus berada di Provinsi Riau selama wilayah itu dalam status siaga darurat Karhutla yang berlaku hingga November 2017 mendatang. Selain Dumai, rencananya satu unit helikopter juga akan disiagakan di Kabupaten Indragiri Hulu.

Sementara ā€ˇWakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger mengatakan upaya pemindahan helikopter masih terkendala izin terbang di bandara tujuan.

Dia menyebut keberadaan helikopter tersebut di Provinsi Riau cukup efektif mengatasi Karhutla, yang dalam beberapa pekan terakhir terjadi di sejumlah kabupaten di wilayah itu. Tercatat, dalam dua pekan terakhir sejumlah titik api terpantau di beberapa kabupaten di Riau. Namun belum ada data pasti total luas lahan yang terbakar tersebut.

Meski begitu, untuk diketahui sepanjang Januari hingga pertengahan Mei 2017 lalu, Satgas penanggulangan Karhutla mencatat lebih dari 300 hektare lahan di Provinsi Riau terbakar.

Sementara memasuki musim kemarau ini, seluruh instansi yang tergabung dalam Satgas Karhutla Riau terus berjibaku dengan meningkatkan koordinasi untuk mencegah Karhutla, terutama saat memasuki musim libur lebaran pekan depan.***/zie

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com