Kamis, 27 Juni 2019
Follow:
Home
Satgas Karhutla Riau Siagakan Satu Heli Waterbombing
Selasa, 13/06/2017 - 14:20:52 WIB
 
 

PEKANBARU - Satuan tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Riau menempatkan 1 helikopter jenis MI-172 ke Kota Dumai. Tujuannya mengantisipasi bencanan Karhutla di pesisir Riau tersebut.

Menurut anggota Satgas Karhutla Riau, Jim Gafur, heli itu bertugas melakukan waterbombing atau pemadaman lewat udara.

"Ini merupakan  salah satu rencana awal Satgas Karhutla dalam mencegah dan menanggulangi bencana tahunan di Riau," katanya, Selasa (13/6/2017).

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pekan lalu mengirim dan  menyiagakan 5 heli jenis MI-171, MI-172, MI-8 dan S-61 di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru.

Seluruh helikopter tersebut akan terus berada di Provinsi Riau selama wilayah itu dalam status siaga darurat Karhutla yang berlaku hingga November 2017 mendatang. Selain Dumai, rencananya satu unit helikopter juga akan disiagakan di Kabupaten Indragiri Hulu.

Sementara ā€ˇWakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger mengatakan upaya pemindahan helikopter masih terkendala izin terbang di bandara tujuan.

Dia menyebut keberadaan helikopter tersebut di Provinsi Riau cukup efektif mengatasi Karhutla, yang dalam beberapa pekan terakhir terjadi di sejumlah kabupaten di wilayah itu. Tercatat, dalam dua pekan terakhir sejumlah titik api terpantau di beberapa kabupaten di Riau. Namun belum ada data pasti total luas lahan yang terbakar tersebut.

Meski begitu, untuk diketahui sepanjang Januari hingga pertengahan Mei 2017 lalu, Satgas penanggulangan Karhutla mencatat lebih dari 300 hektare lahan di Provinsi Riau terbakar.

Sementara memasuki musim kemarau ini, seluruh instansi yang tergabung dalam Satgas Karhutla Riau terus berjibaku dengan meningkatkan koordinasi untuk mencegah Karhutla, terutama saat memasuki musim libur lebaran pekan depan.***/zie

 
Berita Terbaru >>
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com