Rabu, 20 Maret 2019
Follow:
Home
Kawanan Gajah Liar Rusak Kebun Milik Warga di Kampar
Kamis, 15/06/2017 - 17:49:24 WIB
  Foto ilustrasi
 

PEKANBARU - Kawanan Gajah Sumatera liar dari kelompok Bencah Kulubi kembali membuat warga resah. Jika sebelumnya belasan gajah masuk ke perkebunan di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, giliran Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kampar, yang dilintasi hewan berbadan bongsor itu.

Keadaan ini membuat masyarakat sekitar siaga penuh bersama petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Mereka berjaga supaya gajah itu tidak keluar dari lintasan tahunan dan masuk ke permukiman warga.

Humas BBKSDA Riau Dian Indriarti kepada wartawan di Pekanbaru menjelaskan, kawanan gajah liar ini‎ melintas di desa tersebut, persisnya di RT 06 RW 05 pada Rabu 14 Juni 2017 malam. Kawasan ini sudah menjadi perlintasan tiap tahunnya.

"Setiap tahun melintasi desa itu, kemudian menuju Hutan Korem Bencah Kelubi," kata Dian kepada wartawan, Kamis (15/6/2017) siang.

Menurut Dian, kawanan gajah ini tidak akan keluar dari perlintasan kecuali sudah diganggu atau diusir warga sekitar. Perlintasan ini termasuk perkebunan milik warga ataupun kawasan konsesi perusahan yang dulunya masih hutan.

"Dan tadi malam, ‎kawanan gajah masih bertahan di akasia. Petugas menjaganya di beberapa titik, dibantu masyarakat, supaya tidak keluar dan masuk ke kebun masyarakat karena akan panen," sebut Dian.

Sebelumnya, tambah Dian, beberapa ekor gajah dari kawanan itu sempat merusak kebun milik beberapa warga. Gajah ini memakan tanaman di kebun seperti semangka, pisang dan pepaya. Pohon tanaman tersebut dicabut dari tanah.

Supaya tidak ada lagi kebun warga lain dirusak, masyarakat bersama tim BBKSDA‎ terus menggiring kawanan gajah ini ke pinggiran Sungai Kandis. Harapannya kawanan bisa masuk ke Hutan Korem dan segera menyeberang ke habitatnya lagi.

"Pagi tadi terus digiring petugas dan masyarakat, mudah-mudahan tetap di jalur perlintasannya dan meninggalkan perkampungan tersebut," ungkap Dian.

Sebelumnya pada 4 Juni 2017, kawanan gajah liar juga melintas di Kelurahan Maharani, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Ada sekitar 19 gajah dalam kelompok itu dan sempat merusak tanaman milik warga karena lokasi itu merupakan perlintasannya yang sudah dikonversi masyarakat.**/suk

 
Berita Terbaru >>
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
Dewan Rapat Tertutup dengan Perwakilan Guru Sertifikasi Pekanbaru
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com