Jum'at, 22 Maret 2019
Follow:
Home
Anak Pilih Baca Buku Ketimbang Main di Luar Ternyata Mengkhawatirkan Juga
Minggu, 02/07/2017 - 08:24:50 WIB
  Foto ilustrasi
 

SEBUAH studi yang digagas oleh situs khusus anak-anak, JCB Explore, mengungkapkan, anak-anak zaman sekarang tidak suka main di luar rumah.

Studi juga menunjukan bahwa anak-anak modern ini menghabiskan waktu bermain di udara terbuka lebih sedikit dibandingkan orangtua mereka.

Anak-anak modern, menurut studi terkait, lebih memilih menghabiskan waktu di dalam rumah untuk membaca buku, menonton televisi, bermain internet, dan mengerjakan tugas sekolah ketimbang harus bermain di lapangan atau taman.

Kemudian, studi juga merilis data bahwa anak-anak kelahiran era 70-an dan 80-an menikmati waktu bermain di luar rumah lebih kurang dua jam setiap hari sekolah dan sembilan jam pada akhir pekan.

Sebaliknya, anak-anak modern hanya menghabiskan waktu bermain di luar rumah tidak lebih dari satu jam dan kurang dari lima jam pada akhir pekan.

Studi yang melibatkan 2.000 responden orangtua ini juga melaporkan bahwa kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu selama 10 jam 26 menit bermain di luar rumah ketika masih kanak-kanak.

Sebanyak 58 persen responden mengatakan, anak-anak mereka tidak bermain di luar rumah seperti sewaktu mereka kecil dulu.

Selanjutnya, lebih kurang 54 persen mengaku, sangat khawatir melihat anak-anak mereka kurang waktu bermain di udara terbuka.

Studi membeberkan fakta bahwa 43 persen responden mengungkapkan, anak-anak mereka memilih nonton televisi daripada main di taman. Sementara itu, 42 persen lebih menyukai main games di komputer.

Selain itu, studi juga memberitahukan bahwa kebanyakan anak-anak responden hanya mau bermain di luar ketika udara bagus, misalnya cerah dan tidak terlalu panas atau dingin.

Sam Johnson, juru bicara dari JCB Kids, menjelaskan bahwa hasil studi ini sangatlah mengkhawatirkan karena kebanyakan anak-anak modern melewatkan nikmatnya bermain di taman atau lapangan.

“Bermain di udara terbuka sangat penting untuk anak-anak karena bermanfaat untuk tubuh dan kerja otak. Menjaga anak untuk tetap aktif membuat tubuh mereka tubuh sehat dan melatih kemampuan si kecil bersosialiasi,” urai Johnson.

Dia menambahkan bahwa aktivitas dan bermain dengan teman-teman di lapangan sekolah dan taman juga menciptakan sebuah kenangan manis yang baik untuk pengembangan emosional anak.***

Sumber: Kompas.com

 
Berita Terbaru >>
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com