Minggu, 16 Juni 2019
Follow:
Home
Pengelolaan SDA Terganjal Belum Jelasnya RTRW Riau
Selasa, 04/07/2017 - 07:37:13 WIB
  Hutan di Riau
 

PEKANBARU - Riau masih memiliki potensi pengembangan dan pengelolaan kawasan hutan dan lahan.  Hanya saja, pengelolaan sumberdaya alam tersebut memiliki hubungan yang tidak terpisahkan dengan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau.

Dengan kondisi ini komitmen dalam penataan pengelolaan kawasan hutan dan lahan terganjal beberapa hal teknis. Salah satunya mengenai semrautnya finalisasi Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau tersebut.

Tidak kunjung tuntasnya kerangka acuan penataan kawasan tersebut berdampak pada komitmen pengelolaan kawasan. Begitu juga untuk pengembangan potensi hingga investasi yang juga terimbas dari benang kusut RTRW Riau.

Hal itu disampaikan Pemerhati Lingkungan Dr Suwondo Pengelolaan hutan memiliki hubungan erat dengan RTRW. Karena ini soal kepastian hukum atas tata kelola hutan dan lahan.
 
"Misalnya taman nasional mana dan kawasan konsesi mana yang tidak dieksploitasi saat ini. Makanya perlu regulasi tersebut," ujarnya, Senin (3/7/2017).

Ia juga menilai, RTRW menjadi poin penting utama yang menjadi rujukan. Karena ini kepastian hukum yang penting untuk menjadi acuan dalam pengelolaan kawasan yang pro lingkungan.

Dari segi topografi, Riau memiliki luas daratan 9.036.710 hektare. Sementara uas hutan mengacu kepada tata guna hutan kesepakatan (TGHK) 1986 adalah 5.428.244 hektare atau 60 persen dari luas daratan Riau.

Persoalan RTRW Riau pada prinsipnya sudah dibahas sejak tahun 90 an lalu. Beberapa solusi sudah mulai dirumuskan. Namun, hingga kini langkah finalisasi tak kunjung terealisasi.

"Jika makin menunda RTRW, maka laju degradasi itu akan semakin mengkhawatirkan. Untuk itu, perlu solusi bersama dalam upaya menyelamatkan lingkungan dari ancaman degradasi dan deforestasi tersebut,"paparnya lagi.***MC/saf

 
Berita Terbaru >>
Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tersandung Kasus Hukum
Dua Polisi Gadungan Perkosa Gadis di Depan Pacarnya, Terjadi di Rokan Hulu
Jabatan Maruf di BUMN Diyakini Bisa Mendiskualifikasi 01
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com