Kamis, 27 Juni 2019
Follow:
Home
Cegah Karhutla, 10 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Rabu, 05/07/2017 - 16:28:24 WIB
  Semai garam
 

PEKANBARU - Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta menjaga intensitas hujan selama musim kemarau, Pesawat Cassa 212 milik TNI AU didatangkan ke Provinsi Riau. Alat ini dimanfaatkan untuk ‎teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau hujan buatan.

Menurut Kepala Balai‎ Besar TMC Tri Handoko Seto, pesawat ini akan berada sebulan di Pekanbaru. Waktu bisa diperpanjang hingga 2 atau 3 bulan tergantung kondisi cuaca di Riua.

"Sudah dipersiapkan 20 ton NaCl atau garam halus yang nantinya akan disebar pada awan-awan potensial di langit Provinsi Riau," katanya di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Rabu (5/7/2017) siang.

Dia menyebut garam itu akan disebar selama 10 hari menggunakan pesawat dimaksud. Sekali terbang pesawat TMC mampu mengangkat 800 kilogram garam.

Dia menerangkan, potensi awan yang dapat menghasilkan hujan cukup besar di Riau dalam beberapa pekan ke depan. Hal itu ia katakan berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru sebelum pengerahan pesawat TMC ke Pekanbaru.

Sementara ‎anggota Satgas Penanggulangan Karhutla Riau, Jim Gafur menuturkan keberadaan TMC akan sangat membantu pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Provinsi Riau.

Jim mengatakan TMC yang menggunakan peawat TNI AU dari Skadron Udara 4 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, itu diharapkan dapat berada di Riau hingga November 2017 mendatang, atau akhir status siaga darurat Karhutla Provinsi Riau.**/syu

 
Berita Terbaru >>
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com