Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Cegah Karhutla, 10 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Rabu, 05/07/2017 - 16:28:24 WIB
  Semai garam
 

PEKANBARU - Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, serta menjaga intensitas hujan selama musim kemarau, Pesawat Cassa 212 milik TNI AU didatangkan ke Provinsi Riau. Alat ini dimanfaatkan untuk ‎teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau hujan buatan.

Menurut Kepala Balai‎ Besar TMC Tri Handoko Seto, pesawat ini akan berada sebulan di Pekanbaru. Waktu bisa diperpanjang hingga 2 atau 3 bulan tergantung kondisi cuaca di Riua.

"Sudah dipersiapkan 20 ton NaCl atau garam halus yang nantinya akan disebar pada awan-awan potensial di langit Provinsi Riau," katanya di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Rabu (5/7/2017) siang.

Dia menyebut garam itu akan disebar selama 10 hari menggunakan pesawat dimaksud. Sekali terbang pesawat TMC mampu mengangkat 800 kilogram garam.

Dia menerangkan, potensi awan yang dapat menghasilkan hujan cukup besar di Riau dalam beberapa pekan ke depan. Hal itu ia katakan berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru sebelum pengerahan pesawat TMC ke Pekanbaru.

Sementara ‎anggota Satgas Penanggulangan Karhutla Riau, Jim Gafur menuturkan keberadaan TMC akan sangat membantu pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Provinsi Riau.

Jim mengatakan TMC yang menggunakan peawat TNI AU dari Skadron Udara 4 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, itu diharapkan dapat berada di Riau hingga November 2017 mendatang, atau akhir status siaga darurat Karhutla Provinsi Riau.**/syu

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com