Jum'at, 22 Maret 2019
Follow:
Home
Ini Dia Kebiasaan Pagi yang Menjadikan Badan lebih Sehat
Kamis, 13/07/2017 - 08:41:59 WIB
  Ilustrasi
 

TERNYATA beberapa kebiasaan di pagi hari yang bisa mengantar kita pada hidup yang lebih sehat. Menurut ahli nutrisi, pelatih kebugaran, dan guru yoga, beberapa kebiasaan ini akan menjadikan hidup jauh lebih sehat dan menyenangkan. Apa saja kebiasaan tersebut?

1. Minum air

Saat bangun tidur, tubuh kita membutuhkan air untuk mengganti cairan yang hilang. Hal ini dikatakan Alissa Rumsey, MS, RD, konsultan diet dari New York.

"Pasalnya sedikit saja dehidrasi bisa mengakibatkan rasa lemas, malas, dan memperlambat metabolisme. Dengan minum cukup air di pagi hari, kita bisa memompa tenaga kita," katanya.

2. Pejamkan mata dan meditasi

Ini serupa dengan berdoa di pagi hari. Dengan duduk sejenak dan mensyukuri kehidupan atau merasakan suasana pagi bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta menekan stres sepanjang hari itu.

"Riset menunjukkan bahwa meditasi bisa mempengaruhi otak kita, dan menghidupkan area yang terkait dengan kesadaran, empati, pembelajaran, ingatan, dan welas asih, sekaligus memadamkan area yang terkait dengan rasa takut, cemas, dan stres," ujar Kara Lydon, guru yoga dari Boston.


3. Makan buah dan sayuran

Mengawali pagi dengan buah-buahan dan sayuran adalah pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Selain itu, buah-buahan di pagi hari membantu sistem pencernaan kita membersihkan racun, sekaligus memasok vitamin.

"Kita bisa menyantap pisang, apel, buah naga, pepaya atau buah lain di pagi hari untuk mendapatkan manfaat terbaik kesehatan," ujar Samantha Cassetty, konsultan nutrisi dari New York.

4. Melakukan peregangan

Peregangan membuat peredaran darah lebih lancar dan membuat kita lebih segar saat bangun. "Peregangan juga menghindarkan kita dari cedera sebelum melakukan aktivitas, serta menghilangkan kekakuan akibat posisi tubuh yang tidak benar," ujar Ryan Whitcomb, pelatih kebugaran di New Jersey.

5. Sarapan biji-bijian

Anda memerlukan tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari, dan biji-bijian (whole grain) adalah pilihan yang baik. Selain membuat kita kenyang lebih lama, biji-bijian juga memberi manfaat kesehatan seperti mengurangi risiko serangan jantung, diabetes, kanker, dan kegemukan.***

Sumber: Kompas.com

 
Berita Terbaru >>
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com