Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
Metode Sederhana Agar Bisa Tidur dalam Waktu Cepat
Jumat, 14/07/2017 - 00:57:52 WIB
  Ilustrasi
 

BOSAN dengan gangguan sulit tidur yang Anda alami? Sebelum berpikir untuk mencoba obat tidur, cobalah cara alami untuk mengundang kantuk. Bukan dengan menghitung domba atau mencoba makanan tertentu.

Seperti dilansir dari laman Reader's Digest, obat pemicu tidur alami ini disebut metode 4-7-8. Kedengarannya memang sederhana tapi tak ada salahnya dicoba. Metode ini diciptakan oleh para yogi dari India sejak berabad-abad lalu.

Pertama, duduklah pada posisi yang nyaman di tempat tidur Anda. Kemudian tarik napas melalui hidung selama empat detik, tahan napas selama tujuh detik, lalu keluarkan perlahan-lahan melalui mulut selama delapan detik. Itu saja yang harus Anda lakukan.

Jika Anda tidak percaya, pernyataan dokter Andrew Weil dari Universitas Harvard yang telah mengadopsi latihan ini mungkin akan meyakinkan Anda.

"Ini adalah metode terbaik yang pernah saya temukan untuk kembali tertidur jika Anda mau," katanya dalam sebuah diskusi.

Para yogi menggunakan metode ini untuk mencapai keadaan relaksasi yang lengkap, menangkal stres dan kecemasan. Dengan sengaja memperlambat pernapasan Anda, irama jantung akan melambat, membuat seluruh tubuh lebih rileks. Dengan kata lain, ini adalah obat penenang alami untuk tubuh dan pikiran.

"Teorinya adalah dengan memaksakan ritme tertentu pada nafas dengan gerakan sadar Anda, secara bertahap hal ini diinduksi ke dalam sistem saraf yang di bawah sadar," katanya.

"Latihan ini akan efektif bila terus dipraktekkan setiap hari.  Jadi, keteraturan melakukan hal ini selama periode minggu, bulan, tahun akan menghasilkan perubahan pola tidur yang diinginkan," tambahnya.**

Sumber: Kompas.com

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com