Kamis, 21 Maret 2019
Follow:
Home
Gubri: Bahasa Melayu Banyak Menyumbang Kosa Kata Bahasa Indonesia
Sabtu, 22/07/2017 - 23:18:41 WIB
 
 

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman menutup Forum Anak Nasional (FAN) 2017 di Pekanbaru, Sabtu (22/07/2017) siang. Hadir pada acara tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise beserta jajaran.

Saat tampil di depan ribuan anak-anak, Andi Rachman bercerita tentang banyak hal, khususnya terkait Provinsi Riau dengan segala potensinya. Gubri memulai dengan mengungkap fakta bahwa Negeri Melayu Provinsi Riau adalah penyumbang terbesar kosakata untuk Bahasa Indonesia.

"Bahasa Indonesia yang saat ini dipakai sebagai bahasa resmi negara, sebagian besar kosakatanya berasal dari bahasa Melayu Riau," ungkapnya.

Selain menyumbang Bahasa Melayu, di bidang ekonomi kontribusi Riau juga sangat besar. Misalnya saja, sekitar 39 persen produksi minyak nasional berasal dari Bumi Melayu Riau.

"Saat ini produksi minyak asal Riau khususnya dari lapangan Minas dan Duri mencapai 39 persen produksi minyak nasional. Sebelumnya jauh lebih besar lagi," sebutnya.

Lalu dari sektor perkebunan, komoditas kelapa sawit di Riau saat ini menjadi yang paling besar di tanah air. Begitu juga kelapa dan sagu yang kualitasnya terkenal dari Riau. Gubri juga menyebutkan bahwa Riau sebagai produsen kertas terbesar di Asia Tenggara, karena saat ini ada dua perusahaan kertas terbesar di Riau yakni PT RAPP dan IKPP.

"Produksi kertas paling besar itu di Riau, karena ada dua perusahaan produsen kertas skala global di sini," kata Andi.

Dengan segala potensi dan kontribusi Riau, wajar saja provinsi ini masuk nomor urut lima PDRB-nya di Indonesia. Tertinggi di luar Pulau Jawa.

Rencananya, kegiatan Forum Anak Nasional 2017 akan ditutup secara resmi dengan perayaan Hari Anak Nasional 2017 yang dihadiri Presiden Joko Widodo pada Minggu (23/07/2017).**/nai

 
Berita Terbaru >>
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com