Senin, 25 Mei 2020
Follow:
Home
Dissos Riau akan Akreditasi Panti Sosial
Minggu, 13/08/2017 - 10:52:57 WIB
 
 

PEKANBARU - Dinas Sosial (Dissos) Provinsi Riau berupaya untuk melakukan akreditasi panti-panti sosial yang tersebar di seluruh wilayah Riau. Ini dilakukan Dissos untuk menjamin standar kelayakan panti setelah belajar dari kasus memilukan di Yayasan Tunas Bangsa Pekanbaru beberapa waktu yang lalu.

Pada permulaan ini, Dissos telah memberikan bimbingan teknis bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang berasal dari kabupaten dan kota se-Riau.

Plt Kepala Dissos Riau, Syarifuddin AR mengatakan bahwa bimtek tersebut pada dasarnya bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pengetahuan kepada pengelola lembaga kesejahteraan sosial.

Seperti halnya bagaimana cara mengelola panti yang sesuai dengan norma standar nasional pengelolaan panti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 30/HUK/2011 tentang Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA).

Di mana, Permensos tersebut menegaskan, bahwa untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) hanya bisa beroperasi jika memiliki izin operasional tertulis oleh Dissos kabupaten/kota dan diperbarui setiap lima tahunnya.

Kemudian, izin tersebut dapat dicabut oleh Dissos kabupaten/kota apa bila dianggap tidak layak sesuai standar nasional dan dikhawatirkan dapat membahayakan kehidupan penghuni panti.

"Kita berharap kasus Panti Tunas Bangsa yang lalu tidak terulang lagi. Untuk itulah, panti-panti lain di Riau perlu pengawasan oleh pihak terkait," kata Syarifuddin yang juga Kepal Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau tersebut di Pekanbaru, Sabtu (12/8/2017).

Ia pun secara bertahap akan mendorong panti-panti yang tersebar di Riau untuk diakteditasi. Dengan begitu diharapkan kelayakan hidup penghuni panti dapat dipastikan terjamin.

"Ke depannya secara bertahap panti-panti akan dilakukan akreditasi," tandasnya.**/MC

 
Berita Terbaru >>
Maiyuni: Kecil Tapak Tangan, Nyiru Kami Tadahkan
Kuasa Hukum Harap Hakim Tidak Membatasi Jumlah Saksi
Zufra: Lengkapi Dokumen, Lapor ke Mendagri
Bappeda Riau Sebut Akan Mengkaji Ulang
Gubri: Hindari Terpapar Covid-19 Masyarakat Sebaiknya Salat Idul Fitri di Rumah
Surat Perjalanan Khusus Warga Masuk Riau akan Diverifikasi Ulang
Harimau Sumatera Mati di Lahan Konsesi Arara Abadi dengan Kaki Terjerat
5 Fraksi Minta PKS Ganti Hamdani Jadi Ketua DPRD Pekanbaru
Antar 150 Paket Tajil dan Buka Puasa untuk Anak
Hendry: Hakim Langgar Kode Etik dan Tertib Hukum Acara Perdata
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com