Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
Hasil Labor Dugaan Limbah B3 PT KAS di Rengat Belum Diumumkan
Selasa, 29/08/2017 - 11:56:20 WIB
 
 

RENGAT - Dugaan pencemaran lingkungan oleh limbah bahan beracun berbahaya (B3) milik Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Karisma Agro Sejahtera (KAS) ke anak sungai Cenaku di Desa Batu Papan, Kecamatan Batangcenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), belum ada kepastian hingga saat ini.

Padahal sudah dua bulan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Inhu megambil sampel tapi hasil labor belum ada. Pencemaran ini juga sudah dilaporkan masyarakat dan ormas.

DLHK Provinsi Riau sendiri mengatakan, dugaan pencemaran lingkungan akibat limbah B3 milik PKS PT KAS ke anak sungai Cenaku di Desa Batu Papan saat ini masih dalam tahap analisis.

"Analisa harus berulang kali, tidak cukup hanya sekali," kata salah seorang staf DLHK Riau, Usup Purba, seperti dilansir dari datariau.com.

Usup Purba mengaku ikut serta bersama rombongan PPNS DLHK Riau dan BLH Pemkab Inhu turun ke lokasi anak sungai Cenaku terduga tercemar limbah B3, Jumat (4/8/2017) lalu dan membawa sampel air dari anak sungai Batang Cenaku Desa Batu Papan untuk dilakukan analisa ke laboratorium.

"Tempat laboratoriumnya rahasia, dan hasilnya positif atau tidak, bisa diketahui setelah analisa yang berulang kali selama sebulan setengah," papar Usup Purba.

Sebelumnya, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Inhu Ir Selamat MM melalui Kabid Penataan Lingkungan Hidup Ory Honany Wibisono SE tidak membantah keikutsertaan tim BLH Pemkab Inhu membackup DLHK Pemprov Riau ke lokasi terduga pencemaran lingkungan akibat limbah B3 milik PKS PT KAS di Desa Batu Papan.

"BLH Pemkab Inhu hanya sekedar ikut backup saja, sedangkan hasilnya positif atau tidak, kami hanya menerima laporan dari DLHK Riau," singkat Ory Honany Wibisono.

Sementara itu, ormas yang melaporkan hal ini adalah Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Inhu juga terus mengawal proses dari DLHK Provinsi dan BLH Pemkab Inhu.

AMAN ingin proses ini dapat berjalan dengan fair, sehingga nantinya dapat memberikan sanksi tegas bagi PT KAS. Pasalnya, PKS PT KAS di Desa Batu Papan Kecamatan Batangcenaku disebut AMAN diduga sering dengan sengaja membuang limbah B3 ke anak sungai Cenaku.

Akibatnya, habitat sungai pada mati dan warga pemanfaat MCK di sepanjang anak sungai Cenaku alergi gatal-gatal.***

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com