Senin, 27 Mei 2019
Follow:
Home
Lebih 400 Ribu Pengungsi Rohingya Memasuki Bangladesh
Minggu, 17/09/2017 - 05:35:32 WIB
  Pengungsi Rohingya berdesak-desakan berebut bantuan. (Reuters/Danish Siddiqui)  

BANGLADESH - Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan lebih dari 400 ribu pengungsi etnis minoritas Muslim Rohingya telah memasuki wilayah Bangladesh untuk menghindari kekerasan dari aparat Myanmar.

"Sekitar 409 ribu pengungsi Rohingya telah tiba di Bangladesh sejak 25 Agustus, menghindari kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar," kata Joseph Tripua, juru bicara badan pengungsi PBB, Sabtu (16/9).

Sementara itu, dua anak-anak dan seorang perempuan dilaporkan tewas karena berdesakan saat pembagian bantuan di dekat kamp pengungsi di Bangladesh. Insiden itu terjadi pada Jumat di Balukhali di Cox's Bazar.

"Dua anak-anak dan seorang perempuan meninggal dunia karena berdesak-desakan dalam distribusi pakaian tanpa izin di jalanan di area Balikhali Pan Bazar," bunyi laporan sejumlah badan PBB dan dua lembaga amal.

"Meski peraturan setempat dan ruangan kendali sudah didirikan, distribusi barang bantuan pribadi masih berlanjut," bunyi laporan itu.

Koresponden AFP menyaksikan kekerasan dalam perebutan barang-barang bantuan di sejumlah kamp dekat Cox's Bazar. Para pengungsi pun mengatakan terjadi desak-desakan.

Sedikitnya 1.000 orang, khususnya Rohingya, diperkirakan tewas sejak krisis kemanusiaan di Rakhine kembali bergejolak akibat bentrokan militer dan militan di wilayah itu, 25 Agustus lalu.

Sejak itu, ratusan ribu Rohingya dan etnis minoritas lain dikabarkan melarikan diri keluar Rakhine atau Myanmar dan mengungsi ke negara tetangga seperti Bangladesh, Thailand, dan Malaysia.

Mereka menghindari persekusi dari militer Myanmar yang dilakukan dalam operasi pembersihan, dengan alasan merespons serangan kelompok bersenjata Rohingya terhadap sejumlah pos polisi dan sebuah pangkalan militer pada 25 Agustus.***

Sumber: CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
Sempena Hardiknas, Disdikbud Dumai Gelar Lomba Lagu Melayu dan Melukis
Bertuah Akshara Symphony, Wadah Berhimpun Generasi Muda Pencinta Marching Band
Hypatia, Perempuan Cerdas yang Dibunuh Karena Melakukan Penelitian
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com