Rabu, 17 Juli 2019
Follow:
Home
Arif Riyadi: Gajah Juga Telah Ikut Cegah Karhutla
Selasa, 19/09/2017 - 10:55:23 WIB
  Arif dan gajah yang dirawatnya
 

UKUI -  Arif Riyadi (30), seorang penjaga sekaligus perawat gajah sejak tahun 2006 lalu menyatakan, gajah asuhannya juga telah ikut mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), karena dua kali seminggu dia dan gajahnya melakukan patroli dalam hutan.

"Sejauh ini kami belum pernah melihat api, cuma asap. Lalu, kami melapor ke posko. Ternyata itu diluar konsesi dan tim langsung turun memadamkannya,” ujar Arif.

Menurutnya, menjaga lingkungan bisa dilakukan dengan banyak cara. Setiap orang bisa berperan untuk mencegah Karhutla. Sebagai perawat gajah misalnya, ia bisa patroli dengan gajah yang ia rawat.

“Kami komit dengan menjaga lingkungan. Jika lingkungan terbakar, hewan-hewan yang hidup juga bisa ikut punah,” ujarnya.

Setiap hari Arif berinteraksi dengan dua gajah yang bernama Raja Armen dan Mira. Baginya, menjadi penjaga dan perawat gajah merupakan pekerjaan yang mulia karena ia bisa melindungi gajah dari kepunahan.

Setiap hari menjadi hari yang unik. Suka duka pun penuh dengan berbagai perasaan. Apalagi saat memandikan gajah ada perasaan bahagia.

"Saat gajah senang sama kami juga senang, gajah akan mengambil apa yang kami suruh. Sebagai gantinya, biasanya saya kasih hadiah ke gajah karena sudah lakukan apa yang saya instruksikan. Hadiahnya seperti gula merah, nutrisi atau suplement tambahan," ucapnya.

Awalnya ia tidak pernah menyangka menjadi perawat dan penjaga gajah seperti sekarang ini.  Ia terpilih menjadi sejak bergabung dengan Elephant Flying Squad (EFS) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) 11 tahun silam.

Kemudian ia banyak mendengar dan membaca berita tentang kepunahan gajah di berbagai daerah. Sejak itu, ia bertekad untuk menjadi pelindung gajah.

“Saat ikut training jadi gajah, perasaan saya pilu mendengar kabar tentang gajah mati yang dibunuh oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sejak itu, hati saya tergerak untuk jadi pelindung gajah,” ujarnya.***/ril


 
Berita Terbaru >>
UNRI Buka Pendaftaran Jalur Mandiri dan Bina Lingkungan
Sanggar Selembayung Mengarak Teater Lewat 'Padang Perburuan'
Woww, Suhu Kota Bandung Capai 13 Derajat Celcius
Sebabkan Karhutla, Pria di Rawa Sekip Inhu Diamankan Polisi
Bupati Siak Buka Pelaksanaan Ibadah Suluk di Dayun
Gubri Buka Festival Gasing Internasional di Siak
Ke Istana, Baiq Nuril Serahkan Surat Permohonan Amnesti
KPK Panggil Pemilik PT Duta Palma, Tersangka Kasus Suap Alih Fungsi Hutan Riau
Terus Menguat, Rupiah Pagi Ini Rp13.949 per Dolar AS
Bakar Lahan Gambut untuk Tanam Cabai, Warga Kampar Ditangkap Polisi
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com