Senin, 21 Januari 2019
Follow:
Home
Bangladesh Larang Jual Kartu SIM HP ke Pengungsi Rohingya
Minggu, 24/09/2017 - 15:30:34 WIB
 
 

DHAKA - Otoritas Bangladesh melarang perusahaan-perusahaan telekomunikasi setempat menjual kartu SIM telepon genggam ke para pengungsi Rohingya. Alasan pelarangan adalah karena risiko keamanan.

Selama pelarangan ini, empat operator HP yang ada di Bangladesh diancam akan dikenai denda jika mereka menjual kartu SIM HP kepada para pengungsi Rohingya. Nyaris 430 ribu pengungsi Rohingya dari Myanmar telah tiba di Bangladesh sejak konflik kembali pecah di Rakhine pada Agustus lalu.

"Untuk sementara ini, mereka (Rohingya) tak bisa membeli kartu SIM," tegas Enayet Hossain, pejabat senior Kementerian Telekomunikasi seperti dikutip kantor berita AFP, Minggu (24/9/2017).

Menteri Muda Telekomunikasi Tarana Halim menyatakan, keputusan pelarangan penjualan kartu perdana tersebut dijustifikasi oleh alasan keamanan.

Selama ini otoritas Bangladesh juga telah melarang penjualan kartu SIM bagi warga negaranya yang tidak bisa menunjukkan kartu identitas resmi. Ini sebagai upaya untuk menggagalkan kemampuan organisasi para militan domestik.

"Kami mengambil langkah (menyambut Rohingya) atas dasar kemanusiaan, namun pada saat yang sama, keamanan kami sendiri tak boleh dikompromikan," kata Halim tanpa menjelaskan lebih rinci mengenai risiko yang ditimbulkan para pengungsi Rohingya.

Otoritas telekomunikasi Bangladesh menyatakan, larangan ini bisa dicabut setelah kartu identitas biometrik dikeluarkan untuk para pengungsi yang baru tiba. Militer Bangladesh menyatakan, proses ini bisa memakan waktu hingga enam bulan.***

Sumber: Detik.Com

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com