Selasa, 25 Juni 2019
Follow:
Home
Puluhan Warga Sakai Demo PT. Arara Abadi
Rabu, 25/10/2017 - 23:43:07 WIB
 
 

PEKANBARU - Puluhan warga Sakai melakukan aksi demo dengan mendatangi  Kantor PT Arara Abadi (Sinar Mas Grup) di Jalan Teuku Umar Pekanbaru,  Rabu (25/10/2017), karena mereka menduga perusahaan melakukan penambangan ilegal tanpa memiliki izin galian C di atas tanah hak masyarakat.

Koordinator Umum aksi unjukrasa, Andika Sakai dan Koordinator Lapangan Iwan Saputra menyatakan bahwa PT Arara Abadi yang bergerak di bidang usaha Hutan Tanaman Industri (HTI)  ingkar janji pada kesepakatan 19 Desember 1997, saat itu janji akan membuat kebun karet warga Sakai seluas 300 ha.  Sampai kini penanaman karet itu tidak selesai.  Kebun karet yang ditanam hanya sekitar 100 hektare.

PT Arara Abadi hanya berjanji saja  tapi tidak menepati. Karena itu warga menuntut pertanggungjawaban PT AA dari kerugian warga yang begitu besar. Sementara PT AA telah meraup keuntungan dari tanah ulayat Sakai.

"20 tahun warga Sakai dibohongi PT Arara Aabadi, maka hari ini kebohongan terbongkar dan kami tidak lagi menginginkan keberadaan PT Arara Abadi di wilayah tanah ulayat kami," kata Andika.

"Kembalikan tanah ulayat kami yang telah diluluhlantakkan PT Arara Abadi seluas lebih kurang 12.000 hektare yang hari ini ditanam akasia,  di sana hutan kami yang begitu subur habis dibasmi dan digundulkan PT Arara Abadi (Sinar Mas)," tambah Andika dalam orasinya.

Pendemo juga meminta Pemprov Riau dan Pemkab Bengkalis melindungi masyarakat, Keberadaan PT AA adalah sebuah bencana dan malapetaka bagi masyarakat.

Pihak manajemen PT Arara Abadi akhirnya menerima delegasi para pendemo dan mengadakan dialog di ruang rapat Kantor PT Arara Abadi. Akhirnya didapat beberapa kesepakatan.

Butir-butir yang disepakati dalam pertemuan ini antara lain pertama,  PT AA berkomitmen menyelesaikan pembangunan kebun karet seluas 300 ha.  Kegiatan lapangan akan dilakukan setelah persyaratan administrasi dipenuhi dan disepakati bersama.

Kedua,  permasalahan galian C, PT Arara Abadi akan menyelesaikan persoalan ini secara musyawarah dan berpedoman pada peraturan yang ada yang akan difasilitasi oleh Camat Bathin Solapan.**/ril

 

 
Berita Terbaru >>
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
Hilang di Sungai Lakar Siak, Mayat Wartoyo Ditemukan Dalam Perut Buaya
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com