Sabtu, 19 Januari 2019
Follow:
Home
Cegah Kecurangan, BPJS Bertemu dengan Manajemen RS se-Riau
Jumat, 03/11/2017 - 22:30:48 WIB
 
 

PEKANBARU - Guna meningkatkan hubungan kemitraan dan komunikasi dalam menyukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan menggelar pertemuan bersama manajemen Rumah Sakit (RS) se- Provinsi Riau di hotel Pangeran, Jumat (3/10/2017).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 perwakilan Rumah Sakit se Provinsi Riau, yang terdiri dari tim kendali mutu dan biaya serta pihak manajemen RS di wilayah cakupan BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru, Dumai serta Tembilahan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru Rahmad Asri Ritonga mengatakan,  tujuan kegiatan ini dilaksanakan, guna mengoptimalkan hubungan kemitraan dan kepercayaan antara BPJS Kesehatan dengan manajemen RS, terkait pencapaian peningkatan kerjasama faskes dan indeks kualitas layanan faskes, serta kendali mutu dan biaya.

"Pentingnya pertemuan ini dilakukan guna mencari solusi atas permasalahan-permasalahan terkait pelaksanaan JKN-KIS, baik mengenai audit klaim peserta JKN KIS, serta mencari masukan positif tentang pelaksanaan JKN-KIS yang dapat dijadikan rekomendasi dalam pelaksanaanya," ujar Asri yang diwawancarai klikriau.com usai acara.

Selain itu, tambah Asri, BPJS Kesehatan juga mendorong peningkatan kualitas pelayanan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) bagi peserta JKN-KIS. Implementasi Program JKN-KIS sebagai salah satu urgensi yang patut diperhatikan oleh semua pihak adalah bagaimana pembenahan kualitas/mutu pelayanan khususnya di rumah sakit atau fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan dapat lebih ditingkatkan.

Hal ini katanya, terkait masih banyaknya keluhan peserta JKN KIS terhadap beberapa pelayanan rumah sakit seperti pembebanan biaya di luar ketentuan, ketiadaan sistem antrian pelayanan yang pasti, dan transparan, kuota kamar rawat inap, serta ketersediaan obat.

Menurutnya, BPJS Kesehatan telah melakukan berbagai upaya dalam hal mendorong mitra kerja/provider dalam memperbaiki hal tersebut. Namun untuk menuntaskannya sangat diperlukan inisiatif, komitmen pelaksanaan serta pengawasan menyeluruh manajemen rumah sakit dalam menata proses perubahan menuju standar kualitas pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Keberhasilan program JKN-KIS tidak  terlepas dari dukungan fasilitas kesehatan tingkat lanjutan selaku mitra BPJS Kesehatan. Karena itu, perlu terus ditingkatkan peran dan fungsinya dalam memberikan pelayanan, dengan kendali mutu sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan JKN-KIS," ungkapnya.**/kur

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com