Sabtu, 23 Maret 2019
Follow:
Home
Khasiat Lidah Buaya, Dari Obat Jerawat Hingga Cegah Penuaan Dini
Minggu, 05/11/2017 - 12:41:21 WIB
  Lidah buaya
 

PEKANBARU - Awalnya mungkin kita hanya mengenal khasiat lidah buaya sebagai penyubur rambut dan secata turun temurun daging daun tanaman ini dijadikan masker rambut, untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut.

Memamng, tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini memiliki khasiat menenangkan dan menyejukkan kulit. Ternyata selain untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut, banyak lagi khasiat tanaman yang kerap dijadikan bunga dipekarangan rumah ini.

Apa saja khasiatnya? Berikut beberapa khasiat dari lidah buaya:

1. Sengatan matahari

Daging dalam daun yang berlendir ini ternyata bermanfaat sebagai penyejuk dan menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Bahkan para ahli dermatologi di Amerika merekomendasikan pemakaian pelembab kulit yang mengandung aloe vera untuk mengurangi gejala kulit terbakar matahari, dengan cara menggunakan gel aloe vera ke bagian kulit tersebut.

2. Penyembuhan luka

Senyawa dalam aloe vera mengandung zat anti-flamasi untuk membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah. Selain itu, kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi sehingga mempercepat pemulihan luka.

Empat penelitian terbaru dari Asia menyimpulkan bahwa lidah buaya mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan sekitar 9 hari lebih cepat daripada pengobatan konvensional.

3. Mengatasi iritasi

Jika menderita penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, atau rosacea yang diderita, bisa diobati dengan lidah buaya, dengan cara dioleskan ke kulit untuk mengatasinya.

4. Pelembab kulit

Menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin A,C dan E, tapi juga mengandung mineral dan antioksidan yang mengikat sel kulit untuk melembutkan lapisan luar dan memperbaiki kondisi kulit. Aloe vera ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kulit kering.

5. Mencegah penuaan dini

Menurut riset dari the Annals of Dermatology, lidah buaya terbukti memiliki efek anti penuaan. Cara kerjanya dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, lidah buaya mengandung zink yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori dan meningkatkan elasitisitas kulit.

6. Mengatasi jerawat

Aloe vera mengandung asam salisilat alami yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Setelah membersihkan kulit, cobalah untuk mengaplikasikan lidah buaya ini untuk mendapatkan kulit bersih dan bersinar.

7. Mengatasi kulit kering karena cuaca dingin

Lidah buaya mengandung anti virus yang bisa membantu melawan herpes. Selain itu, kandungan antiflamasinya berfungsi untuk menenangkan dan menyembuhkan iritasi. Untuk pertolongan pertama, oleskan lidah buaya pada kulit yang pecah-pecah karena cuaca dingin.

8. Meningkatkan efektivitas krim topikal

Sebelum Anda membuang pelembab mahal yang tidak bekerja efektif pada kulit Anda, cobalah menambahkan lidah buaya kedalamnya untuk hasil yang lebih baik. Fitokimia lidah buaya memungkinkan penetrasi lapisan kulit lebih dalam dan dapat meningkatkan efektivitas krim, lotion, dan obat topikal.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kita juga bisa mengonsumsi lidah buaya, baik dalam bentuk minuman atau suplemen. Lidah buaya diketahui membantu penyerapan vitamin dan mineral esensial sehingga daya tahan tubuh meningkat.

10. Mengurangi plak gigi

Jika obat kumur menjadi rutinitas kebersihan harian Anda, pertimbangkan kembali hal ini. Obat kumur memang mampu menjadi alternatif untuk membasmi kuman di mulut, namun kandungan alkohol yang tinggi bisa menyebabkan mulut kering dan sensitif.

Sebagai alternatif alami, cobalah menggantinya dengan lidah buaya. Dilansir dari Journal of Health, jus lidah buaya murni ternyata efektif untuk mengurangi plak sebagai bahan obat kumur generik. Ramuan ini memiliki fungsi sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.***/int

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com