Selasa, 17 Juli 2018
Follow:
Home
Gubri: Hari Pahlawan Mengingatkan Kita akan Pertempuran Hebat di Surabaya
Jumat, 10/11/2017 - 09:59:36 WIB
 
 

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke-72, Jumat (10/11/2017) di halaman kantor Gubernur Riau.

Peringatan hari pahlawan ini juga dihadiri Kapolda Riau Irjend Pol Nandang, Danrem 031/WB Brigjend TNI Edy Natar Nasution, Danlanud Roesmin Nurjadin Brigjend TNI Age Wiraksono, para veteran, berbagai satuan dari TNI/Polri serta para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Gubernur Riau dalam upacara ini membacakan sambutan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Dalam sambutan tersebut Mensos mengatakan, peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan ini mengingatkan kembali bagaimana hebatnya pertempuran pada 10 November 1945 silam di Surabaya, yang banyak mengorbankan nyawa dan harta untuk Indonesia.

"Pengorbanan nyawa, harta dan benda saat itu mestinya kita maknai memperkokoh negara kita saat ini dari kehancuran," kata Gubri.

Masih banyak aksi heroik yang terjadi dalam mengorbankan nyawa demi kemerdekaan dari cengkraman penjajahan saat itu. Bagaimana para pendahulu bisa melakukannya. Tidak lain, karena adanya modal harapan. Harapan semangat ingin membangun bangsa dan negara.

"Para pendiri bangsa mengatakan, setelah kemerdekaan kita harus bersatu. Dengan bersatu kita bisa menjadikan negara berdaulat. Tanpa kesatuan, kita tidak akan pernah menjadi negara besar, yang kokoh, berdiri sendiri," papar Gubernur.

Selain itu, diingatkan juga bagaimana kata-kata Bung Karno, sang proklamator yang pernah mengatakan bangsa yang besar itu adalah bangsa yang bisa menghargai para pahlawannya. Karena melalui pengorbanan yang dilakukan para pahlawan, Indonesia hari ini ada.

"Kita harapkan juga kebhinekaan yang ada di Indonesia agar tetap dijaga. Baik itu agama, suku, ras serta berbagai budaya dari berbagai daerah," lanjut Gubri.**/saf

 
Berita Terbaru >>
Bupati Amril Lepas Keberangkatan JCH 4 Kecamatan
Mengenal Sosok Presiden Kroasia Kolinda Grabar Kitarović
Ganggu Piala Dunia, Pussy Riot Dituduh Melanggar Hak Penonton
Mahfud MD dan TGB Masuk Daftar Cawapres Jokowi
Ternyata Keripik Ubi Ungu Indonesia Camilan Terbaik Kedua di AS
Keracunan Massal di Kampar Disebabkan oleh Bakteri
Selama Operasi Pengamanan Asian Games, 11 Orang Ditembak Mati
UAS Bakal Tabligh Akbar di Bengkalis, Rekayasa Lalin Diberlakukan
KPK Amankan Rp500 Juta dari OTT Anggota DPR Eni Maulani
400 Pedagang Penuhi Jalur CFD Pekanbaru Tiap Minggu
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com