Selasa, 17 Juli 2018
Follow:
Home
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata
Jumat, 10/11/2017 - 10:22:26 WIB
  Presiden Jokowi saat melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kalibata.  

JAKARTA - Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke 72 Tahun 2017 di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Jumat (10/11) pagi.

Upacara yang dimulai pukul 07.50 WIB berlangsung dengan khidmat. Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden M. Jusuf Kalla beserta Ibu Negara Iriana dan Ibu Mufida Kalla.

Saat acara renungan mengenang pertempuran 10 November di Surabaya, terdengar sirine yang berlangsung kurang lebih 3 (tiga) menit.
Selanjutnya, Presiden Jokowi melakukan peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan.

Acara peringatan Hari Pahlawan kali ini diakhiri dengan pembacaan doa yang ditujukan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Usai pembacaan doa, Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla melakukan ziarah dan tabur bunga di makam para Pahlawan.

Turut mendampingi Presiden dalam acara kali ini, Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Mendikbud Muhadjir Effendy, Mendes PDTT Eko Sandjojo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Sehari sebelumnya, Jokowi menganugerahkan tanda jasa kepada sejumlah tokoh yang dinilai berjasa bagi Indonesia. Salah satunya adalah pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Prof. Lafran Pane.

Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 115/TK/2017 tertanggal 6 November 2017 dan dibacakan Sekretaris Militer Presiden Marsda Trisno Hendradi.

Tanda jasa juga diberikan kepada tiga orang melalui ahli warisnya yakni Tokoh Provinsi Nusa Tenggara Barat TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Tokoh Provinsi Kepulauan Riau Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Tokoh Provinsi Aceh Laksamana Malahayati.

Laksamana Malahayati diajukan atas dorongan Menteri Khofifah kepada Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Hal itu dilakukan sebab hingga saat ini hanya ada 13 perempuan dari 169 penerima gelar pahlawan Indonesia.**/humas setkab

 
Berita Terbaru >>
Bupati Amril Lepas Keberangkatan JCH 4 Kecamatan
Mengenal Sosok Presiden Kroasia Kolinda Grabar Kitarović
Ganggu Piala Dunia, Pussy Riot Dituduh Melanggar Hak Penonton
Mahfud MD dan TGB Masuk Daftar Cawapres Jokowi
Ternyata Keripik Ubi Ungu Indonesia Camilan Terbaik Kedua di AS
Keracunan Massal di Kampar Disebabkan oleh Bakteri
Selama Operasi Pengamanan Asian Games, 11 Orang Ditembak Mati
UAS Bakal Tabligh Akbar di Bengkalis, Rekayasa Lalin Diberlakukan
KPK Amankan Rp500 Juta dari OTT Anggota DPR Eni Maulani
400 Pedagang Penuhi Jalur CFD Pekanbaru Tiap Minggu
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com