Minggu, 16 Juni 2019
Follow:
Home
10 Jenis Makanan dan Minuman Sehat Ternyata Memiliki Kadar Gula Tinggi
Sabtu, 18/11/2017 - 11:44:40 WIB
  Salad
 

SEBETULNYA hampir semua makanan memiliki kandungan gula alami di dalamnya. Namun kadar manisnya berbeda-beda. Jikatidak  terasa manis saat dimakan, belum tentu makanan dan minuman tersebut tidak mengandung gula sama sekali.

Berikut beberapa makanan yang mengandung gula tinggi.

1. Yogurt

Makanan yang berasal dari fermentasi susu ini biasanya dikonsumsi seseorang yang tengah diet. Ahli Kesehatan, Jennifer Jackson menyatakan bahwa meski ukuran satu karton yogurt terbilang kecil, tetapi yogurt dengan rasa dapat mengandung 26 gram gula per porsi.

Untuk mengurangi kandungan gula dalam yogurt sebaiknya pilih yang tawar (plain) dan tambahkan dengan irisan buah segar.

2. Oatmeal instan

Oatmeal sendiri adalah makanan yang sehat. Namun, beberapa variasi oatmeal instan ternyata memiliki 14 gram gula per paket. Jackson menyarankan untuk membuat oatmeal pada malam hari (overnight oat) dengan campuran setengah cangkir susu. Kemudian, simpan di lemari es dan baru dikonsumsi pada keesokan paginya dengan topping kacang atau buah-buahan.

3. Dressing salad

Salad dressing yang rendah atau tanpa lemak terlihat menjadi alternatif baik saat diet. Namun, ternyata saat lemak dihilangkan, rasa akan digantikan dengan gula. Beberapa versi salad dressing dapat mengandung hingga 12 gram gula per dua sendok makan.

4. Minuman berenergi

Saat kehabisan tenaga sehabis olahraga, minuman dengan kandungan elektrolit biasanya menjadi pilihan untuk meningkatkan energi. Energi tersebut didorong dari kandungan gula dan kafein. Satu botol minuman dapat mengandung 14 gram atau lebih gula.

Untuk menghindari konsumsi gula berlebih, ada baiknya untuk memilih segelas air mineral setelah berolahraga.

5. Susu non-dairy

Semua susu sapi secara alami mengandung gula dari laktosa. Namun, sajian susu non-dairy dapat diisi dengan tambahan gula. Misalnya, susu kedelai bisa mengandung hingga 14 gram gula tambahan per gelas.

6. Smoothie

Smoothie buah atau sayuran memang lebih sehat daripada sekaleng soda. Hanya saja untuk membuat rasanya jadi lebih enak, biasanya gula ditambahkan ke dalamnya. Satu gelas smoothie bisa mengandung gula hingga 60 sampai 70 gram.

7. Granola

Jangan tertipu dengan label 'alami' dari sebungkus granola. Buah dan biji-bijian kering ini sering ditambahkan gula tambahan, seperti sirup mapel, air tebu, dan madu.

8. Buah kering

Buah memang merupakan sumber gula alami, namun tidak dengan buah kering. Buah kering biasanya ditambahkan lapisan gula agar menjaganya tetap manis. Maka, lebih baik mengonsumsi buah segar.

9. Saus botolan

Dilansir dari Reader's Digest, saus di dalam botol dapat mengandung gula. Misalnya, dalam dua sendok makan saus BBQ, ada sekitar16 gram gula pasir bisa ditemukan.

10. Air kelapa

Air kelapa biasanya dijadikan minuman setelah berolahraga karena mengandung banyak elektrolit. Rasa manis dari air kelapa juga alami. Namun, rasa manis buatan seringkali ditambahkan dalam air kelapa kemasan yang dijual selama ini.

Coba lihat kandungan nutrisi pada bagian gula tambahan, bila delapan ons gulanya mengandung lebih dari 50 kalori, maka minuman terebut mengandung terlalu banyak gula.***

 
Berita Terbaru >>
Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tersandung Kasus Hukum
Dua Polisi Gadungan Perkosa Gadis di Depan Pacarnya, Terjadi di Rokan Hulu
Jabatan Maruf di BUMN Diyakini Bisa Mendiskualifikasi 01
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com