Senin, 21 Januari 2019
Follow:
Home
Mencegah Stroke Sejak Dini Lebih Baik dari Mengobati Setelah Terjadi
Jumat, 24/11/2017 - 10:10:54 WIB
  Foto Ilustrasi
 

CARA terbaik dan paling bijak mengatasi keluhan stroke adalah dengan pencegahan. Banyak penyebab terjadinya stroke, mulai dari adanya keluhan penyakit darah tinggi (Hipertensi), kolesterol tinggi, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes (gula darah tinggi), riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturunan) dan migrein (sakit kepelah sebelah).

Faktor lain yang dapat mengakibatkan adanya serangan stroke yaitu kebiasaan/gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, menkonsumsi minuman bersoda dan beralkohol, gemar mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food dan junk food), kurang berolah raga dan obesitas. Pemicu lain yang dapat mengakibatkan stroke yaitu sering marah tanpa adanya alsan yang jelas.

Mengenal Penyakit Stroke

Penyakit stroke merupakan suatu keadaan dimana adanya serangan ke otak secara mendadak akibat adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak. Karena itu stroke diidentikan dengan penyakit pembuluh darah otak (serebrovaskuler) yang dicirikan dengan adanya kematian dari jaringan otak (infarkserebral).

Gejala utama terjadinya serangan stroke yang dapat berakibat fatal diantaranya:

1. Rasa kebal atau mati mandadak atau kehilangan rasa dan lemas pada tangan, kaki, muka, terutama pada satu bagian tubuh saja.
2. Perasaan bingung yang mendadak sehingga sulit berbicara dan sulit untuk mengerti akan suatu hal.
3. Salah satu atau kedua mata mendadak terasa kabur
4. Mendadak kehilangan keseimbangan dan sulit berjalan dan terhuyung.
5. Merasa pusing secara mendadak dan sakit kepala tanpa adanya sebab yang jelas.

Untuk mencegah dan menghindari penyakit stroke, setiap orang harus membiasakan diri menjaga pola dan gaya hidup sehat. Berikut tips untuk menghindari dari serangan penyakit stroke:

1. Hentikan dan jauhkan diri anda dari merokok. Kebiasaan merokok ini dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan akan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal. Ini menyebabkan tubuh perokok lebih sering dan mudah terserang stroke.

2. Periksa tensi darah secara rutin. Tekanan darah tinggi bisa membuat pembuluh darah Anda mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, selalu cek tensi darah secara teratur. Hal tersebut untuk mengetahui seberapa tekanan darah anda, jika mengalami tekanan darah yang tidak normal, akan ada pencegahan dini untuk tidak menjurus ke ancaman penyakit stroke.

3. Kendalikan penyakit jantung. Jika Anda mempunyai gangguan ataupun gejala penyakit jantung seperti kadar kolesterol tinggi dan detak yang tidak teratur, berhati-hatilah karena hal itu akan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Konsumsi makanan yang tidak mengandung banyak kolesterol.

4. Atasi dan kendalikan stres dan depresi. Penyabab terbesar stroke pada saat ini banyak diakibatkan stres dan terlalu banyak pikiran.
   
5. Makanlah dengan sehat. Makan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran setiap hari secara teratur. Hindari makan daging merah terlalu banyak sebab lemak jenuh yang dihasilkan daging merah ini dapat membuat pembuluh darah anda mengeras. mengkonsumsi makanan berserat tinggi akan dapat mengendalikan lemak dalam darah anda.

6. Kurangi garam. Memakan makanan yang memiliki kandingan garam tinggi akan meningkatkan tekanan darah anda atau hipertensi, hipertensi penyebab terbesar pula untuk resiko ancaman penyakit stroke.

7.Pantau berat badan atau hindari obesitas. Anda Mempunyai badan yang terlalu gemuk atau obesitas akan meningkatkan risiko terhadap hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes, dan semuanya dapat memicu terjadinya stroke. Atur pola makan anda secara terkontrol dan teratur.

8. Berolahraga dan aktif. Melakukan aktifitas fisik secara teratur seperti olah raga dan sebagainya akan mudah membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah di seluruh tubuh anda.

9. Hindari mengkonsumsi alkohol. Meminum alkohol dapat menaikkan tensi darah, oleh karena itu berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol berarti menghindarkan Anda dari tekanan darah tinggi yang dapat memicu penyebab penyakit stroke.

10.Mencari Informasi. Dengan mengikuti perkembangan informasi tentang kesehatan, banyak pengetahuan dan hal penting yang diperoleh guna menghindari kemungkinan penyakit stroke.***/int

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com