Sabtu, 02/12/2017
Follow:
Home
Cara Hilangkan Bau Mulut Karena Makan Jengkol
Sabtu, 02/12/2017 - 09:35:06 WIB
  Rendang Jengkol
 

PEKANBARU - Bahaya jengkol yang terbesar adalah aroma menyengat yang dihasilkannya, sehingga menyebabkan bau. Bukan cuma saat dimakan, tapi bau jengkol yang semerbak juga bisa bisa 'menetap' di mulut dan air seni sampai beberapa lama.

Bau pada jengkol disebabkan oleh adanya senyawa djengkolic acid atau asam jengkolat. Hanya saja, bau ini tak akan permanen menempel di mulut atau air seni. Bau ini hanya sementara.

Tapi jika Anda termasuk tak sabar dan ingin segera menghilangkan bau jengkol, mengutip berbagai sumber, ada beberapa cara ajaib untuk menghilangkan bau jengkol yang membandel di mulut.

1. Mentimun
Banyaknya air dalam mentimun akan membantu menyegarkan mulut setelah mengunyah jengkol. Fungsi makan mentimun ini mirip dengan cara hilangkan bau jengkol dengan minum air putih yang banyak.

2. Kunyah beras
Beras bisa membantu menghilangkan bau jengkol. Hanya perlu mengambil segenggam beras kemudian kunyah sampai halus. Satu yang harus diingat adalah Anda tak perlu menelannya. Setelah dikunyah halus, beras tersebut harus dibuang.

3. Makan permen karet
Makan permen karet atau permen mint akan membantu menyegarkan kembali aroma mulut Anda. Aneka rasa permen karet akan berfungsi seperti layaknya pencuci mulut sekaligus menghilang kotoran yang menempel di gigi.

4. Kunyah garam
Cara paling mudah untuk menghilangkan bau mulut karena jengkol adalah dengan garam. Anda hanya perlu mengunyah sedikit garam dalam mulut. Memang terasa asin dan kurang menyenangkan, tapi cara ini cukup manjur untuk menghilangkan bau mulut.

Garam akan meningkatkan produksi air liur di mulut yang menetralisir air liur lama yang berbau.

5. Minum kopi
Bubuk kopi ternyata bisa membantu menetralisir aroma jengkol di mulut. Hanya saja untuk menghilangkan bau jengkol, Anda bisa menyeduh bubuk kopi tanpa gula dan menjadikannya kopi pahit.

6. Kunyah bubuk kopi hitam
Selain minum kopi, Anda juga bisa menghilangkan bau jengkol dengan mengunyah bubuk kopi langsung.

7. Teh hijau
Kabar baik bagi pecinta teh hijau. Secangkir teh hijau akan membantu menghilangkan sisa aroma jengkol dalam mulut.

Kandungan polyphenols akan membantu menetralisir bau mulut akibat makanan berbau ini.

8. Minum susu
Susu sudah sejak lama dikenal memiliki sifat yang netral. Oleh karenanya, Anda pasti sering mendengar larangan minum obat dengan susu karena obatnya tak akan berefek. Sama halnya dengan jengkol.

Aroma mulut yang bau karena jengkol bisa dinetralkan dengan minum susu. kandungan senyawa allyl sulfida metil dalam susu akan membantu menghilangkan aroma tak sedap gara-gara jengkol.

9. Minuman bersoda
Cara ini mungkin terbilang menyenangkan bagi Anda pecinta minuman bersoda. Pasalnya minum minuman berkarbonasi atau bersoda ternyata akan menghilangkan dahaga sekaligus membantu menghilangkan bau jengkol di mulut. **/int

 
Berita Terbaru >>
Din Syamsudin Ajak Umat Beragama Tolak Sikap AS
Memasuki Musim Penghujan Harga Cabe Meningkat
Baznas Pusat Akan Bangun RS dan SMP di Pekanbaru
Cara Menyimpan Teh yang Benar
Permintaan Gas 5,5 Kg Meningkat 100 Persen
21 Wanita Diamankan di Bengkalis
Wakapolresta Pekanbaru Ikut Lepas Jenaza Supir Go-Car
Edy Sumardi Minta Masyarakat Teladani Rasullah SAW
5 Cara Keliru Mendisiplinkan Anak
RI Tolak Keras Pemindahan Kedutaan AS ke Yerusalem
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com