Rabu, 14 November 2018
Follow:
Home
Masyarakat Sumbar Bisa Menikmati Super Moon Malam Ini
Minggu, 03/12/2017 - 14:26:39 WIB
  Penampakan Super Moon
 

PADANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang, Sumatera Barat, menyatakan, masyarakat di provinsi itu bisa menyaksikan super moon atau bulan penuh-besar pada 3 Desember 2017.

"Jika cuaca cerah, masyarakat bisa melihat bulan penuh dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya pada 3 Desember 2017 pukul 22.46 WIB," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, Rahmat Triyono, dihubungi dari Padang, Sabtu.

Kemudian pada 4 Desember 2017 pukul 15.45 WIB, bulan akan berada pada jarak yang paling dekat dengan Bumi sepanjang tahun ini yakni berjarak 357.49 kilometer.

Kategori bulan yang masuk ke istilah super moon jika bulan purnama ada pada jarak kurang dari 360.000 kilometer dari Bumi. Kedua kondisi itu, merupakan fase purnama saat bulan di posisi perigee. Bulan pada posisi inilah yang biasa dikenal dengan super moon.

Menurut dia, jika masyarakat hendak melihat fenomena astronomi itu secara baik, dianjurkan menggunakan teropong. "Namun dilihat dengan mata telanjang juga bisa," katanya.

Secara teknis, ini super moon bisa terjadi tiga kali dalam setahun. Namun yang terlihat pada 3 Desember 2017 nanti merupakan satu-satunya yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Hal ini karena tiga super moon sebelumnya bertepatan dengan fase bulan baru.

BMKG Padang Panjang, kata dia juga akan melakukan pengamatan saat terjadinya purnama perigee itu. "Kami akan menggunakan teropong untuk pengamatannya dan semoga cuaca cerah," kata dia.**/Antara

 
Berita Terbaru >>
SKK Migas Raih Juara II Stan Terbaik Riau Expo 2018
Runway 2.600 Meter Bandara Internasional SSK Pekanbaru Diresmikan
Banjir Masih Jadi Ancaman di Beberapa Wilayah Riau
Inilah Kalimat Terakhir Khashoggi Sebelum Dibunuh di Konsulat Saudi
Peduli Bencana Sulteng, Pemkab Bengkalis Salurkan Bantuan Rp263 Juta
Dorong Pertumbuhan Wisata, Forwata Riau Eksplore Keindahan Rokan Hilir
Banjir dan Longsor di Pariaman, Dua Orang Tewas
Teuku Wisnu: Dari Glamour ke Zikir
Suap Meikarta, KPK Panggil Eks Presdir Lippo Cikarang
Diduga Tampil di Indonesia tak Sepenuh Hati, PSY Dituntut Rp.3,6 Miliar
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com