Selasa, 22 Mei 2018
Follow:
Home
Masyarakat Sumbar Bisa Menikmati Super Moon Malam Ini
Minggu, 03/12/2017 - 14:26:39 WIB
  Penampakan Super Moon
 

PADANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang, Sumatera Barat, menyatakan, masyarakat di provinsi itu bisa menyaksikan super moon atau bulan penuh-besar pada 3 Desember 2017.

"Jika cuaca cerah, masyarakat bisa melihat bulan penuh dengan ukuran yang lebih besar dari biasanya pada 3 Desember 2017 pukul 22.46 WIB," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, Rahmat Triyono, dihubungi dari Padang, Sabtu.

Kemudian pada 4 Desember 2017 pukul 15.45 WIB, bulan akan berada pada jarak yang paling dekat dengan Bumi sepanjang tahun ini yakni berjarak 357.49 kilometer.

Kategori bulan yang masuk ke istilah super moon jika bulan purnama ada pada jarak kurang dari 360.000 kilometer dari Bumi. Kedua kondisi itu, merupakan fase purnama saat bulan di posisi perigee. Bulan pada posisi inilah yang biasa dikenal dengan super moon.

Menurut dia, jika masyarakat hendak melihat fenomena astronomi itu secara baik, dianjurkan menggunakan teropong. "Namun dilihat dengan mata telanjang juga bisa," katanya.

Secara teknis, ini super moon bisa terjadi tiga kali dalam setahun. Namun yang terlihat pada 3 Desember 2017 nanti merupakan satu-satunya yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Hal ini karena tiga super moon sebelumnya bertepatan dengan fase bulan baru.

BMKG Padang Panjang, kata dia juga akan melakukan pengamatan saat terjadinya purnama perigee itu. "Kami akan menggunakan teropong untuk pengamatannya dan semoga cuaca cerah," kata dia.**/Antara

 
Berita Terbaru >>
Najib Razak Tersenyum Santai Saat Diperiksa terkait Korupsi 1MDB
Terkait Sembako Maut, Kadis Pariwisata DKI Siap Diperiksa Polisi
Dukungan Makin Bulat di Seluruh Kabupaten, Firdaus-Rusli Optimis Menang
Khawatir Bunga BI Naik, IHSG Diramal Kian Lesu
Jelang Pemeriksaan 1MDB, Pengacara Najib Mundur
Penyerahan Hasil UN Molor, Pengumuman Kelulusan Pelajar SMP Diundur
Perang Opini Terkait Teroris, Elit PKS Dilaporkan ke Polisi
Apel Harkitnas, Sekda Bengkalis Bacakan Amanat Menkominfo
Warga Ahmadiyah di Lombok Timur Diserang, 8 Rumah Hancur
Bupati Amril Ajak Umat Islam Berzakat
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com