Rabu, 06/12/2017
Follow:
Home
Pertamina Kewalahan
Permintaan Gas 5,5 Kg Meningkat 100 Persen
Rabu, 06/12/2017 - 20:53:49 WIB
  Mas Irba H Sulaiman
 

PEKANBARU- Permintaan terhadap gas elpiji ukuran 5,5 kg meningkat tajam. Pertamina  mengaku kewalahan dengan kondisi ini. Pasalnya Stasiun Pengisian Bulk Epiji (SPBE) yang ada di Pasir Putih selama ini melayani hanya 40 ton untuk gas 5,5 kg per hari saat ini sudah diangka 100 ton. Artinya ada peningkatan 100 persen dari biasanya.

"Jadi peningkatan ini diakibatkan oleh peralihan masyarakat dan pelaku usaha  dari gas 3 kg ke 5,5 kg. Yang menjadi persoalan sekarang SPBE yang di Pasir Putih belum siap artinya masih kewalahan," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman, kepada klikriau.com Rabu (6/12).

Kondisi ini, kata Irba dimanfaatkan oleh agen nakal dengan menaikan harga  yang sudah disepakati antara Pertamina dan Disperindag.

"Dia kosong, (tabung 5,5 kg red) jadi orang berebut dan mau saja meski harga tinggi. Saya minta supaya ditegur. Kalau tidak kami datang dan akan menutup. Karena ini non PSO artinya ini tidak penugasan dan tidak subsidi. Jadi tak ada lagi yang bermain-main dan mencari kesempatan," tegasnya.

Dipertengahan Desember terang Irba, pihaknya bersama Pertamina akan membuat stasiun resmi khusus elpiji 5,5 kg. "Jd masyarakat tak lagi tertumpu pada 7 agen atau penyalur tapi mungkin kita akan cari tempat bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara terkait penukaran tabung gas 3 kg dengan tabung 5,5 kg, Irba menyebut saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi. Untuk itu dia meminta  para camat pro aktif untuk menjalankan program penukaran ini ditempat  mereka.

"Artinya disatu kecamatan mereka siapkan 1 Loading Order (LO) atau lebih kurang 560 silahkan masyarakat menukar, jadi masyarakat tidak lagi mendatangi 7 agen atau penyalur yang khusus 5,5 kg. Artinya ini sudah disebar ke kecamatan- kecamatan,"ujarnya.

Diketahui sebelumnya Pertamina dan Disperindag telah sepakat, sesuai prosedur penukaran satu  tabung kosong gas 3 kg bersubsidi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 218.500. Dengan rincian Rp151 ribu untuk biaya tabung dan Rp67.500 untuk pengisian. Bagi warga yang memiliki dua tabung kosong juga dapat ditukar dengan tambahan biaya Rp109.500. Dengan rincian Rp40ribu untuk biaya tabung dan Rp67.500 untuk pengisian. (win)

 
Berita Terbaru >>
Din Syamsudin Ajak Umat Beragama Tolak Sikap AS
Memasuki Musim Penghujan Harga Cabe Meningkat
Baznas Pusat Akan Bangun RS dan SMP di Pekanbaru
Cara Menyimpan Teh yang Benar
Permintaan Gas 5,5 Kg Meningkat 100 Persen
21 Wanita Diamankan di Bengkalis
Wakapolresta Pekanbaru Ikut Lepas Jenaza Supir Go-Car
Edy Sumardi Minta Masyarakat Teladani Rasullah SAW
5 Cara Keliru Mendisiplinkan Anak
RI Tolak Keras Pemindahan Kedutaan AS ke Yerusalem
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com