Selasa, 25 Juni 2019
Follow:
Home
Tanaman Hias di Ruang Kerja Ternyata Mampu Cegah Stres
Jumat, 12/01/2018 - 10:32:54 WIB
  Foto ilustrasi
 

PEKANBARU - Bekerja di dalam ruangan  sering menimbulkan rasa bosan dan pemandangan yang monoton. Belum lagi jika tekanan pekerjaan begitu besar, maka stres tak bisa lagi dihindari.

Ternyata ada satu cara sederhana untuk mengatasi stres di tempat kerja. Menurut studi terbaru dari Australia, mengisi ruang kerja dengan tanaman hias mampu menurunkan tingkat stres.

"Salah satu cara efektif untuk mencegah penyakit dan stres di tempat kerja, bisa dengan mengisi ruangan dengan tanaman, karena idealnya tanaman ini akan 'membersihkan' udara dari patogen (bakteri yang sebabkan penyakit)," ungkap tim peneliti, Eddie van Etten dan Pierre Horwitz pada The Conversation, baru-baru ini.

Dilansir dari The Independent, keduanya menjelaskan, tanaman hias mampu membersihkan udara dari substansi berbahaya pada beberapa furnitur kantor.

Di antaranya, formaldehida (zat kimia gas tak berwarna yang bisa menyebabkan kanker), benzena (senyawa kimia cair), etilbenzena (ditemukan pada penguapan pernis yang bisa memicu masalah pernapasan), dan amonia yang berasal dari produk pembersih.

Ruang kantor bisa jadi sarang perkembangbiakan bakteri penyebab penyakit. Namun, dengan kehadiran tanaman hias yang berasosiasi dengan bakteri, ini bisa baik untuk ruangan. Ia mampu mencegah mewabahnya patogen dengan menyeimbangkan ekosistem.

Sebelumnya, sebuah studi dari NASA juga mengungkapkan temuan serupa. Dilaporkan, NASA melakukan tes pada tanaman hias di dalam ruangan untuk menyaring polutan di udara. Hasilnya, tanaman hias ternyata sangat efektif untuk menyaring berbagai jenis senyawa organik dari udara.

Untuk hasil terbaik, sebaiknya satu tanaman hias berukuran medium diletakkan setiap 2,2 meter persegi ruangan. Pilih tanaman dengan daun berukuran lebar. Semakin lebar daun, semakin efisien ia menyaring udara.

Tanaman hias yang dinilai mampu menyaring udara antara lain, palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens), lidah buaya, English ivy (Hedera helix), pakis Boston atau Boston fern, peace lily (Spathiphyllum cochlearispathum) dan beringin (Ficus benjamina l).

Etten dan Horwitz juga menambahkan, semakin banyak dan beragam tanaman hias maka stres dapat berkurang. Studi membuktikan ruang hijau dan alami bisa membantu relaksasi dan ketenangan.***/int

 
Berita Terbaru >>
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
Hilang di Sungai Lakar Siak, Mayat Wartoyo Ditemukan Dalam Perut Buaya
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
Pria Paro Baya Hilang di Sungai Lakar Siak yang Dihuni Buaya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com