Kamis, 22 Februari 2018
Follow:
Home
Regulasi Pertambangan Segera Disederhanakan
Rabu, 31/01/2018 - 22:07:42 WIB
  Kementerian ESDM kembali menyederhanakan regulasi dan perizinan di subsektor pertambangan mineral dan batu bara dengan mencabut enam beleid dan menggantikannya dengan satu Peraturan Menteri ESDM. (Foto:l kepenuhan )  

JAKARTA - Kementerian ESDM kembali menyederhanakan regulasi dan perizinan di subsektor pertambangan mineral dan batu bara dengan mencabut enam beleid dan menggantikannya dengan satu Peraturan Menteri ESDM.

Ada empat hak pokok yang diatur dalam peraturan baru tersebut, yakni tata cara pemberian wilayah, tata cara pemberian izin, tata cara penyusunan rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) dan laporan, serta sanksi administratif. Peraturan Menteri ESDM tersebut rencananya ditandatangani pada pekan ini.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan bahwa penyederhanaan regulasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan pengawasan pemerintah. Selain itu, dengan dikuranginya beberapa izin, proses administrasi juga akan lebih cepat.

"Isu pentingnya adalah pembinaan dan pengawasan. Jadi, itu yang memang kita tekankan," ujarnya di kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Rabu (31/1/2018).

Penyederhanaan perizinan juga telah dilakukan Kementerian ESDM untuk subsektor minerba pada tahun lalu. Sebanyak enam Peraturan Menteri ESDM disederhanakan menjadi Permen ESDM No. 34/2017 tentang Perizinan di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Kini, Permen ESDM No. 34/2017 tersebut menjadi salah satu aturan yang bakal dicabut oleh Peraturan Menteri ESDM yang baru.(bisnis.com)

 
Berita Terbaru >>
Memasuki Musim Panas, Alfedri Imbau Semua Pihak Waspada Karhutla
Raih Opini WTP, Pekanbaru Terima Dana Insentif Rp 27 Miliar
DPM-PTSP Pekanbaru Jadi Percontohan Seluruh Indonesia
Amril Imbau Seluruh Warga Bengkalis Cegah Karhutlah
Pemerintah akan Segera Serahkan Lahan Pehutanan Sosial kepada Masyarakat
KPK Persilakan Nazaruddin Kirim Bukti Dugaan Korupsi Fahri
Dirjen Kemendagri Puji Pelayanan DPM-PTSP Kota Pekanbaru
Hakam Mabruri dan Isteri Bersepeda ke Mekkah
Hidangan Rendang di Hari Raya Imlek
Tipu Warga dengan Janji Bisa Masuk Pegawai, ASN Pemrov Riau Berurusan dengan Polisi
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com