Kamis, 22 Februari 2018
Follow:
Home
Ulama Saudi Sebut Perempuan Tidak Wajib Pakai Abaya
Senin, 12/02/2018 - 09:45:19 WIB
 
 

SAUDI - Perempuan Arab Saudi tidak harus menggunakan abaya, jubah tradisional yang longgar dan menutupi hampir seluruh tubuh. Hal tersebut disampaikan ulama senior Saudi, Sheikh Abdullah Al-Mutlaq.

"Lebih dari 90 persen perempuan muslim saleh di dunia muslim tidak mengenakan abaya," kata Al-Mutlaq, anggota senior Dewan Syura, badan keagamaan tertinggi di Arab Saudi, seperti dilansir Saudi Gazette, Minggu (11/2).

"Jadi, kita tidak boleh memaksa perempuan mengenakan abaya," kata dia dalam sebuah acara radio yang disiarkan Jumat (9/2).

Pernyataan Sheikh Al-Mutlaq tersebut disampaikan menjawab pertanyaan pendengar, seorang perempuan Saudi soal aturan mengenakan abaya.

Arab Saudi dikenal memiliki sejumlah aturan yang sangat membatasi ruang gerak perempuan. Salah satunya menetapkan abaya bagi perempuan lewat undang-undang.

Pemerintah Saudi belum menyatakan apakah mereka akan mengubah undang-undang tersebut, namun Al-Mutlaq adalah tokoh keagamaan senior pertama yang berkomentar.

Sebelumnya, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dalam beberapa waktu terakhir memperkenalkan sejumlah reformasi yang menguntungkan kaum perempuan. Salah satunya pada bulan lalu, Arab Saudi mengizinkan perempuan menonton sepak bola untuk pertama kalinya di stadion olah raga.

Lalu, empat bulan sebelumnya, Arab Saudi mencabut larangan mengemudi bagi perempuan. Sebuah perubahan besar di negara ultra konservatif tersebut.

Terkini, pernyataan Al-Mutlaq langsung menuai reaksi di media sosial. Sejumlah orang menyampaikan dukungan maupun penolakan.

Salah seorang pengguna Twitter berkomentar, "Kesucian dan moralitas seharusnya tidak terkait dengan sehelai kain."

Menurut kabar yang dilansir Reuters, seorang perempuan Saudi ditahan karena mencopot abaya-nya di jalanan utama di Ibu Kota Riyadh, Arab Saudi pada 2016.

Beberapa tahun terakhir, perempuan Arab Saudi mulai mengenakan abaya yang berwarna-warni, tak hanya abaya tradisional yang berwarna hitam. Juga abaya yang dikenakan bersama rok panjang atau celana jins juga kerap ditemukan dikenakan perempuan di beberapa tempat di Arab Saudi.***/sumber: CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Memasuki Musim Panas, Alfedri Imbau Semua Pihak Waspada Karhutla
Raih Opini WTP, Pekanbaru Terima Dana Insentif Rp 27 Miliar
DPM-PTSP Pekanbaru Jadi Percontohan Seluruh Indonesia
Amril Imbau Seluruh Warga Bengkalis Cegah Karhutlah
Pemerintah akan Segera Serahkan Lahan Pehutanan Sosial kepada Masyarakat
KPK Persilakan Nazaruddin Kirim Bukti Dugaan Korupsi Fahri
Dirjen Kemendagri Puji Pelayanan DPM-PTSP Kota Pekanbaru
Hakam Mabruri dan Isteri Bersepeda ke Mekkah
Hidangan Rendang di Hari Raya Imlek
Tipu Warga dengan Janji Bisa Masuk Pegawai, ASN Pemrov Riau Berurusan dengan Polisi
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com