Minggu, 24 Maret 2019
Follow:
Home
Jargas Rumah Tangga, Perwujudan Smart Energi Menuju Smart City
Senin, 26/02/2018 - 09:12:03 WIB
  Gas rumah tangga yang terpasang di Kecamatan Limapuluh
 

PEKANBARU- Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral(Kementerian ESDM- RI) mengakselerasi pengembangan jaringan gas (Jargas) atau City Gas untuk rumah tangga di Indonesia. Sejak tahun 2016 warga kota khususnya Ibu Rumah Tangga di Pekanbaru telah memanfaatkan bahan bakar dari gas pipa untuk kebutuhan memasak. Keberadaan gas rumah tangga ini dirasa sangat membantu warga Kota Pekanbaru.

Pada tahap awal, yakni tahun 2016 hingga 2017 jargas atau city gas hanya terpasang di Kecamatan Limapuluh. Seiring berjalan dua kecamatan lain seperti Sail dan Pekanbaru Kota tinggal diuji coba dan diresmikan. 


Ptl Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi

Pemerintah Pusat kembali menganggarkan pembangunan Jargas di Pekanbaru . Namun akibat ABPN berkurang, sebelum kembali membangun jaringan City Gas, tahun ini Pemerintah Pusat terlebih dahulu membuat perencanaan agar Tahun 2019 kembali memasang jaringan di tiga Kecamatan lagi.

"Tahun 2019 Insya Allah akan kembali dipasang di tiga kecamatan yakni Sukajadi, Senapelan dan Marpoyan Damai," kata Plt Walikota Ayat Cahyadi.

Menurut Plt Wako,  Jargas ini sangat dibutuhkan warga Kota Pekanbaru, khususnya ibu rumah tangga, untuk itu dirinya meminta agar OPD terkait bisa terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, agar tahun 2019 jargas kembali diperluas di Kota Pekanbaru. Saat ini sudah masuk dalam usulan Dirjen migas untuk di APBN 2019 tinggal persetujuan DPR-RI.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut menjelaskan, bahwa program ini adalah sebuah bentuk terobosan menuju smart city melalui perwujudan smart energy dan smart ekonomi.

Upaya ini mendapatkan momentum tatkala pemerintah melalui Kemeterian ESDM memprogramkan city gas di beberapa kota di seluruh Indonesia.
Untuk Kota Pekanbaru telah dilakukan tahapan pembangunan city gas dimaksud sejak tahun 2015.




"Pada pertengahan tahun 2016 dilaksanakan "Gas In" yang dilakukan langsung oleh Walikota Pekanbaru di Kecamatan Limapuluh. Dimana pada tahun tersebut telah dilakukan pemasangan sebanyak 3713 sambungan rumah tangga.
Pada tahun 2017 dilanjutkan dengan kecamatan Sail dan sebagian Pekanbaru Kota sebanyak lebih dari 3000 sambungan lagi," jelas Ingot.

Untuk selanjutnya Pemko Pekanbaru telah mengusulkan 10.000 sambungan lagi. Dalam operasionalisasinya, Pemerintah Kota Pekanbaru dan Pertagas Niaga telah menunjuk PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) sebagai Operator, dimana masyarakat pelanggan dapat berinteraksi tentang pemanfaatan city gas dimaksud.

"Diharapkan melalui citygas ini masyarakat bisa mengakses energi dengan lebih mudah, lebih murah, dan lebih cerdas. Disamping itu, dengan kapasitas yang besar, maka citygas juga diharapkan akan mendorong tumbuh kembangnya Industri Rumah Tangga," tutur Ingot lagi.

sementara itu Yana (30) warga Kecamatan Limapuluh merasa bersyukur dan terbantu. Sebab sejak rumahnya teraliri jargas setahun lalu, Ia tak perlu repot lagi menggendong tabung gas, tidak takut kehabisan gas saat memasak, serta pasca bayar.

"Biasanya kalau gas habis, keliling dulu cari gas sambil gendong tabung. Sekarang kan nggak lagi.  Selain itu, ngga khawatir tabungnya bocor, apalagi sistem pasca bayar, pakai dulu baru bayar," sebut Yana. (ADV/Kominfo)

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com