Senin, 17 Juni 2019
Follow:
Home
Pertama di Indonesia, ICATI Riau Gelar Diabolo Dance Theatre
Selasa, 06/03/2018 - 14:23:48 WIB
 
 

PEKANBARU- Usai Imlek bersama di Jalan Karet Sabtu (3/3) Kemarin, Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) Riau  berserta ormas Tionghua Pekanbaru, berencana menggelar atraksi kontemporer bertajuk" Ocean Celebration" Diabolo Dance Theatre.

Sesuai jadwal, pagelaran yang digadang- gadang pertama kali di Indonesia ini akan diselenggarakan di Co-Ex komp SKA Pekanbaru, Jumat (9/03) mendatang.

Ketua Panitia Penyelenggara, Tomas Thajeb  mengungkapkan, kegiatan tersebut masih dalam rangka perayaan tahun baru Imlek 2018 M. "Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya untuk menonton atraksi kebudayaan Tionghoa kontemporer ini,"ujar Tomas, Ahad (4/3).

Thomas menjelaskan, Diabolo Dance Theatre merupakan sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Urusan Warga Tionghoa Taiwan yang bertujuan memperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat di luar Taiwan.

Pengunjung bisa menikmati berbagai atraksi dan penampilan yang dipersembahkan oleh artis dari pulau yang dikenal dengan nama Formosa tersebut. Di samping itu, panitia juga memasukkan kebudayaan lokal seperti musik tradisional dan penulisan kaligrafi Tionghua yang dilakukan sejumlah peserta dari pelajar yang ada di Riau.

"Kegiatan ini merupakan sebuah penampilan yang bertaraf Internasional, dimana para artis sudah berkecimpung dalam dunia Diabolo selama puluhan tahun, bahkan sudah  tampil di Amerika, Eropa, Australia dan negara Asia lainnya," ujar Thomas.

Untuk itu, Ia mengimbau warga Kota Pekanbaru bisa antusias menghadiri acara yang spektakuler ini. Sebab pada gelaran ini juga akan ada penarikan undian bagi pengunjung yang beruntung dari beberepa sponsor berupa,  TV LED 32 Inc, 1 buah spring bed, 1 tiket Eva Air, JKT-TPE dan 10 buah Magig Com, serta hadia menarik lainnya. 

Bagi masyarakat yang tertarik, bisa melakukan pembelian tiket di Sekretariat IKPTB, Yayasan Kimmen Pekanbaru, IKTP, IKTS,  Sekolah Darma Yudha, Sekolah Dharma Loka, Plaza Mebel, Pasar Buah 88, PSMTI.

Masih kata Thomas, pada pertunjukkan tersebut nantinya turut hadir Penasehat Pemerintah Taiwan, Mr. Chang Fu-Mei, Ketua Dewan Urusan Tionghoa Taiwan, Mr. Wu Hsin-Sing, Perwakilan kantor dagang dan ekonomi Taipeh di Jakarta, Mr Chen-Chong beserta pejabat Taiwan lainnya.

Thomas membeberkan, Dewan Urusan Tionghoa Taiwan juga akan memperkenalan beberapa program unggulan yang diberikan kepada masyarakat Indonesia dan ProVinsi Riau khususnya, yaitu program belajar 3 tahun + 4 tahun.

Dimana siswa siswi dari Indonesia yang ingin sekolah dan bisa berbahasa Mandarin ke SMK di Taiwan bisa langsung mendaftarkan diri ke ICATI Riau. Kemudian setelah tamat bisa langsung melanjutkan kuliah di Taiwan tanpa memerlukan kelas persiapan (Foundation).

"Bahkan ketika sekolah di  Taiwan, ada sistem 3+3 yang berarti sekolah tiga bulan dan praktek tiga bulan.  Selama praktek, siswa yang bersangkutan malah bisa mendapatkan gaji," sebutnya.

Lebih jauh Thomas menyebut, ICATI Riau bermaksud mendirikan sebuah Yayasan yang nantinya akan membantu warga Riau  yang ingin melanjutkan sekolah  ke Taiwan / Tiongkok.

"Sistemnya berupa pinjaman bebas bunga, ketika siswa bersangkutan sudah menerima gajinya, wajib mengembalikan dana pinjaman ke yayasan." Ujar Tomas Thajeb. (win)

 
Berita Terbaru >>
Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tersandung Kasus Hukum
Dua Polisi Gadungan Perkosa Gadis di Depan Pacarnya, Terjadi di Rokan Hulu
Jabatan Maruf di BUMN Diyakini Bisa Mendiskualifikasi 01
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com